Home NASIONAL Papua Belum Darurat Militer, JK Dukung Operasi Penambahan Pasukan Militer

Papua Belum Darurat Militer, JK Dukung Operasi Penambahan Pasukan Militer

0
SHARE
Jusuf Kalla

JAKARTA — Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mendukung operasi penambahan pasukan militer di Papua untuk menghadapi kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Itu dilakukan setelah KKB kembali melakukan penyerangan kepada anggota TNI yang bertugas di Nduga, Papua pekan lalu.

“Operasi (penambahan pasukan militer) tentu harus ditingkatkan,” ujar JK seperti dikutip republika.co.id, Selasa (12/3).

Kendati demikian, JK menilai belum perlu sampai harus ditetapkan status darurat militer di Papua. Ia menambahkan peningkatan status penanganan KKB di Papua tergantung dari pertimbangan TNI dan Polri karena sifat KKB dengan cara bergerilya menyerang masyarakat.

“Jadi belum, hanya penilaiannya ini, operasi tentu harus ditingkatkan, tetapi tidak berarti harus keadaan darurat,” kata JK.

Menurut JK, yang terpenting adalah penambahan personel pasukan militer di Papua, dibutuhkan untuk mengamankan proyek pembangunan di Papua. “Ya tentu dibutuhkan apalagi pembangunan disitu kan,” kata JK.

JK yang selama ini dikenal gencar mengupayakan perdamaian menilai persoalan Papua seharusnya tidak terjadi. Sebab, ia menilai, Papua sudah diberikan kekhususan dibandingkan daerah lain. Ia mencontohkan dari sisi pemerintahan daerah, Papua memiliki kekhususan di mana pemimpin daerah harus asli dari Papua. Begitupun terkait anggaran ke Papua yang sudah diberikan dana otonomi khusus Papua.

“Sebenarnya Papua itu semuanya sudah dikasih. Dari sisi kebijakan pemerintahan, itu lebih federal daripada federal. Itu otonomi diberikan. Kemudian dana itu luar biasa. Itu dana yang paling besar diberikan itu per kapita itu Papua,” kata JK.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here