Home PENDIDIKAN O2SN SD Kecamatan Kemiri, Melatih Jiwa Sportif Siswa

O2SN SD Kecamatan Kemiri, Melatih Jiwa Sportif Siswa

0
SHARE
PERSIAPAN: Peserta cabor atletik O2SN SD tingkat Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang bersiap-siap lari menuju garis finis, Kamis (14/3). FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

KEMIRI — Sebanyak delapan cabang olahraga dilombakan dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SD se-Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang. Kedelapan cabor tersebut yakni kids atletik, bulutangkis, tenis meja, sepak cakrau, voli mini, catur, sepakbola mini. Pembukaan dilaksanakan Kamis (14/3), di Stadion Mini Kemiri oleh Kasi Olahraga Prestasi Disporabudpar Kabupaten Tangerang, Mujiono, ditandai dengan tendangan bola pertama, parade atlit dan juga pembacaan janji atlit dan wasit.

Mujiono, dalam arahannya mengharapkan adanya jiwa sportifitas dalam melaksanakan kegiatan O2SN ini, sehingga mampu melahirkan atlit yang berprestasi dan membawa kecamatan Kemiri ke jenjang yang lebih tinggi. Karena potensi tersebut begitu terlihat pada diri siswa di Kecamatan Kemiri.

“Jaga sportifitas dan junjung tinggi nilai-nilai olahraga, sifat satria, sehingga melahirkan atlit yang handal di masa depan,” pesan Mujiono, disambut dengan tepuk tangan seluruh peserta maupun guru pendamping.

Selain itu juga, Mujiono mengharapkan, kegiatan ini bukan hanya slogan dan seremonial saja, namun diharapkan mampu dilaksanakan dengan baik dan membawa bidang olahraga yang lebih baik lagi di masa depan.

“Menang kalah pada setiap pertandingan adalah hal yang biasa. Namun yang jauh lebih penting menanamkan jiwa sportifitas kepada generasi muda,” seru Mujiono.

Sementara itu, Ketua Panitia, Rusnaedi melaporkan kegiatan ini bertujuan memberikan wadah bagi peserta sekolah dasar yang senang dan gemar berolahraga untuk menyalurkan minat dan bakat sehingga meraih prestasi yang optimal.
“Meningkatkan prestasi dan nama baik sekolah di bidang keolahragaan dan lebih meningkatkan persaudaraan antar sekolah dan siswa,” harapnya.

Kedepan juga, Rusnaedi berharap, kegiatan O2SN ini dapat meletakan dasar karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dan melahirkan bibit atlit yang handal di masa depan, serta mampu bersaing dalam ajang O2SN Kabupaten Tangerang.

Sementara, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Cabang Kemiri, Ajat mengungkapkan, ajang O2SN ini diharapkan mampu mendidikan anak didik ke tingkah laku yang satria dan sportif, sehingga dalam aplikasinya di kehidupan sehari-hari memberikan dampak yang positif untuk modalnya dalam menjalani kehidupan di masa depan.

“Karakter moral anak melalui internalisasi nilai-nilai luhur, termasuk olahraga ini diharapkan mampu melahirkan anak didik yang berjiawa satria dan sportif untuk modalnya di masa depan,” ungkapnya.

Dikatakannya lebih lanjut, pendidikan anak sekarang ini, banyak berorientasi pada pembentukan karakter anak, baik itu yang sifatnya moral maupun sosialisasi dalam kegiatan belajar mengajar.

“Anak dididik dengan semua ilmu untuk membentuk karakternya sehingga tertanam rasa kebersamaan, semangat, optimis, dan mempunyai sosialisasi yang kuat untuk menjadi faktor utama dalam mengantarkan kehidupannya di jenjang yang lebih tinggi,” urainya lagi.

Kedepan juga, ia berharap, dengan dukungan orangtua, guru, dan lingkungan juga, siswa mampu kreatif dan cepat menganalisa semua hal yang terjadi di sekitarnya. “Faktor-faktor sosial ditanamkan, tanpa mengabaikan mata pelajaran yang telah pasti di sekolah, dukungan semua pihak diharapkan dapat membantu siswa sehingga mereka sukses dan mempunyai jiwa yang kuat untuk meraih apa yang mereka cita-citakan,” harapnya. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here