Home TANGERANG HUB Tangani Persoalan Kota, Pemkot Gandeng UPI dan BPPT

Tangani Persoalan Kota, Pemkot Gandeng UPI dan BPPT

1
SHARE
KERJASAMA: Walikota Arief R Wismansyah bersalaman dengan Deputi Bidang Pengembangan Teknologi SDA BPPT, Prof. Wimple Agoeng Noegroho Aspar usai menandatangani kerjasama, Senin (18/3) pagi. FOTO: Humas for Tangerang Ekspres

TANGERANG – Pemkot Tangerang terus mengupayakan percepatan pembangunan. Sebagai daerah perkotaan, tentu saja perlu treatment khusus dalam penanganan permasalahannya.

Salah satunya dengan  menggandeng Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Kerjasama ini resmi ditandatangani langsung Walikota Arief R Wismansyah bersama kedua lembaga tersebut saat apel di Puspemkot, Senin (18/3). Yaitu Deputi Bidang Pengembangan Teknologi SDA, Prof. Wimpie Agoeng Noegroho Aspar PhD dan Rektor UPI Prof. Dr. H.R Asep Kadarohman.

Walikota menyampaikan, kerjasama kemitraan dengan UPI tersebut difokuskan pada bidang pendidikan, penelitian, pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat Kota Tangerang. Sedangkan kerjasama dengan BPPT lebih dititikberatkan pada pengkajian, penerapan dan pemasyarakatan teknologi di Kota Tangerang.

“Kerjasama ini baru pertama kali dengan UPI dan program – program yang akan dikerjasamakan antara lain terkait kampung iklim dan Kompetisi Cooling Roof,” imbuhnya.

Sedangkan dengan BPPT ini sudah kedua kalinya. Namun kali ini lebih menitikberatkan penerapan teknologi untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di Kota Tangerang.

Usai ditemui setelah Apel, Arief berharap dengan adanya MoU dengan UPI dan BPPT Pemkot dapat terbantu dalam hal penanganan persoalan perkotaan yang terjadi di Kota Tangerang.

“Jadi UPI ini punya banyak peneliti – peneliti lingkungan. Makanya kita kerjasama semangatnya untuk membangun lingkungan yang berkelanjutan di Kota Tangerang,” terang Arief.

“Kita kan punya program kampung iklim jadi bagaimana nantinya kampung – kampung yang ada di 1004 Rw ini yang tadinya tidak tertata jadi tertata. Ditambah lagi bagaimana nanti yang kampungnya panas jadi sejuk. Bukan cuma pengijauan saja yang diteliti tapi bagaimana kalau perlu nanti rumah itu enggak pake AC tapi tetap sejuk,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UPI Prof. Asep Kadarohman mengatakan, UPI menyambut baik kerjasama ini karena riset – riset yang dilakukan UPI berbasis lingkungan.

“Dengan kerjasama ini kita menjadi ada sinergitas riset yang dilakukan oleh peneliti kita dengan program dari Pemerintah Kota Tangerang, ini sangat berkaitan,” ujar Asep.

Pemkot Tangerang juga akan ikut kompetisi Cooling Roof yang berbasis International. Nah, nanti kita sebagai pendamping dan mensuport untuk data – data yang dibutuhkan dalam kompetisi ini. (hms)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here