Home TANGERANG HUB Konsumen Cerdas, Kenal Tanda Tera

Konsumen Cerdas, Kenal Tanda Tera

0
SHARE
HADIRI HAKONAS: Walikota Airin Rachmi Diany (dua dari kanan) dalam acara peringatan hari konsumen nasional di Bandung, kemarin. FOTO: Dok. net

BANDUNG-Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengajak masyarakat Tangsel untuk peduli tertib ukur, takaran dan timbangan. Hal tersebut diungkapkan Walikota Tangsel saat menghadiri Hari Konsumen Nasional (Hakornas) 2019 di Bandung, Jawa Barat, Rabu (20/3).

Walikota mengajak masyarakat Tangsel bersama-sama untuk melakukan aksi peduli ukuran. Dengan mengenali tanda tera dan timbangan, pemakaian timbangan bertanda tera sah, belanja di pasar tertib ukur, memanfaatkan timbangan ukur ulang, mengajak konsumen agar cerdas dan cermat saat transaksi serta mengenali pompa ukur SPBU yang sudah ditera.

“Kami mengajak masyarakat Tangsel untuk peduli ukur, dan memahami hak dan kewajibannya agar lebih cerdas dalam bertransaksi barang dan jasa. Oleh sebab itu, edukasi harus terus ditingkatkan,”ungkapnya.

Dalam kegiatan Hakornas, Kota Tangsel menjadi salah satu dari 5 Kota/Kabupaten yang mendapatkan kesempatan penandatangan secara langsung prasasti Metrologi Unit Legal oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Kepala Dinas Perindsutrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel, Maya Mardiana, menjelaskan, tidak hanya penandatangan prasasti saja, namun pada saat yang bersamaan diresmikannya 251 Unit Metrologi Legal (UML) di Indonesia,salah satunya Tangsel.

Maya menjelaskan, kenapa Tangsel mendapatkan kesempatan penandatangan secara langsung, karena Tangsel memiliki kriteria yakni Tangsel merupakan daerah yang memiliki komitmen terhadap pelayanan kemetrologian, UML sudah memperoleh daerah tertib ukur, memiliki program pelayanan tera/tera ulang rutin, memiliki program penyuluhan atau sosialisasi dan pengawasan rutin, membangun sarana dan prasarana metrologi secara mandiri dan senantiasa menjaga ketertulusan standar.

“Melalui UML dibawah binaan Disperindag Tangsel telah melaksanakan program dan kegiatan capaian target RPJMD yang telah ditetapkan yakni 8500 UTTP (Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya) per Tahun, capaian ini sudah terlaksana yakni mencapai 8532 UTTP di tahun 2018 lalu,”singkatnya. (hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here