Home PENDIDIKAN Bersihkan Sampah dari Pantai

Bersihkan Sampah dari Pantai

0
SHARE
BERSIHKAN SAMPAH: Karyawan PT Doulton, siswa SDN Kohod dan relawan Pesisir Mengajar berbaur membersihkan sampah di Pantai Tanjung Anom, Desa Kohod, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Kamis (4/4). FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

PAKUHAJI – PT Doulton menggandeng pelajar dan relawan Pesisir Mengajar membersihkan Pantai Tanjung Anom, Desa Kohod, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang yang dipenuhi sampah.

Para pelajar dari SDN Kohod sebanyak 100 orang, karyawan PT Doulton sebanyak 60 orang, serta dari Pesisir Mengajar sebanyak 15 orang terlihat begitu semangat mengambil sampah dari pantai yang kemudian dimasukan kedalam kantong plastik yang telah disediakan.

Acara yang diinisiasi oleh perusahaan yang bergerak di bidang produksi keramik rumah tangga ini belangsung meriah dan sangat ramai. Pantai Tanjung Anom yang indah tampak bersih dan bebas dari sampah. Dua unit truk sampah yang dikerahkan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang berhasil mengangkut sampah yang selesai dibersihkan.

Sudarmaji, Human Resources dan General Affairs Directory PT Doulton menuturkan, acara bersih-bersih pantai merupakan sebagai gerakan moral bagi para pelajar SD maupun masyarakat sekitar pesisir pantai.

Sudarmaji mengakui, aksi yang dilakukan PT Doulton sebenarnya tidak akan mampu mengatasi permasalahan yang terdapat di pantai. Namun ia meyakini, gerakan moral dengan mengajak para pelajar SD membersihkan pantai, akan memberikan edukasi kepada generasi muda maupun masyarakat agar tidak membuang sampah ke pantai.

“Bersih-bersih pantai ini merupakan gerakan moral sebagai edukasi masyarakat untuk membersihkan sampah di pantai tanpa meninggalkan sampah baru. Edukasi ini yang harus kita tanamkam kepada generasi muda maupun masuarakay,” tegas Sudarmaji.

Lebih lanjut pria asal Cirebon ini menjelaskan, PT Doulton bukan kali ini saja melakukan aksi sosial. Berbagai kegiatan membangun jalan dan renovasi tanggul jebol di sekitar PT Doulton, penanaman mangrove menjadi agenda rutin bagi mereka.

“Kami berharap warga sekitar menjadi terdorong inisiatifnya untuk tetap menjaga kebersihan lingkungannya, karena dampak positif juga akan mereka rasakan jika daerahnya menjadi bersih,” pungkasnya.

Sementara itu, Koordinator relawan Pesisir Mengajar Hari Mahardhika, mengaku aksi bersih-bersih sampah di pantai mampu memberikan edukasi pelajar maupun masyarakat agar tidak membuang sampah ke pantai.

Kata Hari, kegiatan yang memiliki tema “Fiskars Group Be a Part of Solution Not Part of The Pollution” disambut baik oleh relawan Pesisir Mengajar. Ia mengaku berterimakasih atas inisiatif PT Doulton yang mengajarkan tentang pentingnya menjaga lingkungan.

“Patut diberikan dukungan apa yang sudah dilakukan PT Doulton. Karena selama ini mereka begitu peduli terhadap lingkungan, baik itu membersihkan pantai dari sampah maupun penanaman mangrove,” tegas Hari. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here