Home PENDIDIKAN SMK Nusantara Bertabur Prestasi, Pasok Kebutuhan Industri

SMK Nusantara Bertabur Prestasi, Pasok Kebutuhan Industri

0
SHARE
MEMBACA: Kegiatan membaca merupakan salah satu delapan program unggulan SMK Nusantara 1, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang dalam mendidik siswanya.

KARAWACI – Menciptakan peserta didik berpestasi tentu menjadi harapan bagi semua satuan pendidikan. Untuk melahirkan prestasi-prestasi gemilang, dimulai dari usaha dan kerja keras. Seperti halnya dilakukan SMK Nusantara 1, dalam melahirkan peserta didik berprestasi. Menggali potensi yang dimiliki peserta didik untuk dikembangkan, menjadi salah satu kunci kesuksesannya.

Kepala SMK Nusantara 1, Sugiharti Soumifitri, M.Pd menjelaskan, sekolah yang memiliki motto ‘Unggul, Nyaman dan Religus’ diawal berdirinya pada 1997 hanya memiliki Program Keahlian Akuntansi dan Program Keahlian Sekretaris.

Sekolah kejuruan yang memiliki tempat strategis di Jalan Cisadane V-VIII, Perumnas 1, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang terus melakukan berbagai inovasi untuk menjawab kebutuhan pendidikan yang dibutuhkan masyarakat. Pada 2013, sekolah yang memiliki akreditasi A menambah Program Keahlian Multi Media untuk melengkapi dua jurusan yang telah ada sebelumnya.

Kata Sugiharti, tak bisa dipungkiri bahwa SMK Nusantara 1 dalam menjalankan aktivitas pendidikan selalu berusaha responsif terhadap apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dan dunia industri. Berangkat dari kesadaran tersebut, dan sebagai implementasi dari penerapan Kurikulum 2013 edisi revisi maka di tahun ajaran 2019/2020. SMK Nusantara 1 membuka tiga program keahlian baru.

Sehingga secara keseluruhan SMK Nusantara 1 memiliki enam program keahlian yang terdiri dari Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP d.h Sekretaris), Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL d.h Akuntansi), Multi media, Akuntansi Perbankan Syariah, Teknologi Komputer dan Jaringan, dan Desain Komunikasi Visual.

Menurut Sugiharti, dengan program keahlian baru yakni Akutansi Perbankan Syariah, Teknologi Komputer dan Jaringan dan Desain Komunikasi Visual, SMK Nusantara 1 berusaha menyediakan tenaga kerja terampil tingkat dasar, untuk memenuhi kebutuhan dunia perbankan dan industri di bidang tersebut. Serta mendorong anak-anak muda untuk membuka usaha baru dengan mengembangkan jiwa enterpreunership, agar tidak terasing di era industri 4.0.

Selain itu, SMK Nusantara 1 memiliki delapan keunggulan, mewujudkan SMK yang unggul, nyaman dam religius. Program tahsin atau tahfidz, dan tadarus alquran. Program literasi dengan perpustakaan yang nyaman. Mentoring untuk menambah wawasan Islam. Menerapkan pembelajaran berbasis e-learning dan penilaian berbasis online.

Berprestasi di bidang olahraga dan seni. Saat lulus siswa dapat mendapatkan sertifikat kompetensi dari BSNP. Memiliki Fasilitas dan sarana praktek yang lengkap seperti studio outdoor atau NSN, NBC, BMT, masjid, dokter umum dan dokter gigi.

“Keberadaan SMK Nusantara 1 yang memiliki delapan keunggulan, diharapkan menjadi bagian dalam upaya mempersiapkan generasi bangsa menghadapi globalisasi. Konsep pendidikan yang kami kembangkan, dengan bekerjasama penyaluran lulusan ke berbagai perusahaan, telah mendorong para orangtua untuk menitipkan putra-putrinya dibina dan dididik di SMK Nusantara 1. Tentunya hal ini memotivasi sekolah untuk terus menerus meningkatkan kualitas pendidikannya,” ujar Sugiharti Soumifitri, M.Pd. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here