Home BANTEN Pemkab Pastikan PBI BPJS Kesehatan Sesuai

Pemkab Pastikan PBI BPJS Kesehatan Sesuai

0
SHARE
BIMBINGAN PETUGAS: Ratusan petugas updating dan petugas entry data mengikuti bimbingan teknis di salah satu hotel di Kota Serang, Selasa (9/4). FOTO: Syirojul Umam/Banten Ekspres

SERANG – Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan (JK) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk masyarakat kurang mampu yang dibiayai pemerintah, baik pusat maupun daerah akan diverifikasi dan validasi (verivali). Hal itu dilakukan untuk memastikan PBI benar-benar diberikan kepada yang berhak.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Serang, Ahmad Saefudin mengatakan bahwa pihaknya melakukan verivali sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang untuk memastikan bantuan tersebut diterima masyarakat yang berhak.

“Ini acara yang kedua kalinya, kami ingin benar-benar bantuan ini diterima oleh masyarakat yang berhak yang telah memenuhi kualifikasi yang telah ditetapkan, makanya pemutakhiran data ini adalah sebuah keniscayaan,” katanya di sela-sela acara Bimbingan Teknis bagi Petugas Updating dan Petugas Entry Data untuk Verifikasi dan Validasi data Penerima PBI di Kabupaten Serang, di salah satu hotel di Kota Serang, Selasa (9/4).

Dia menjelaskan saat ini per Januari 2019, penerima PBI sebanyak 670.783 orang dengan rincian 491.989 orang dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), 145.675 orang dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Banten, dan 33.119 orang dari APBD Kabupaten Serang. “Ini data sebelumnya yang kita terima, kenapa kita verivali kembali khawatir ada yang data ganda, atau penerima yang sudah meninggal kalau seperti itu kan bisa digantikan,” ujarnya.

Menurut dia, peserta PBI itu adalah fakir miskin dan orang tidak mampu. Fakir miskin adalah orang yang sama sekali tidak mempunyai sumber mata pencaharian, serta yang mempunyai sumber mata pencaharian tapi tidak tidak mempunyai kemampuan memenuhi kebutuhan dasar yang layak untuk dirinya dan keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here