Home TANGERANG HUB Banyak Warga Belum Miliki Suket, Terancam Tak Bisa Nyoblos

Banyak Warga Belum Miliki Suket, Terancam Tak Bisa Nyoblos

0
SHARE
PEREKAMAN: Petugas sedang mengambil perekaman lensa mata pemohon perekaman data KTP-el, di Kantor Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Kamis (11/4). FOTO: Zakky Adnan/Tangerang Ekspres

PASAR KEMIS – 322 warga Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang  terancam tidak bisa menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2019, karena belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (KTP elektronik) maupun surat keterang (suket).

Iip Suprayitno, Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Kecamatan Pasar Kemis mengatakan, berdasarkan datanya terdapat 322 pemohon perekaman data KTP elektronik yang belum menerima suket pengganti KTP elektronik sejak awal April sampai sekarang.

“Saat ini pemohon sebatas menerima kertas bukti perekaman berupa biodata diri. Itu sebagai bukti pemohon sudah melakukan perekaman data KTP elektronik. Nanti, kertas itu bisa dipakai untuk mengambil suket, kalau suketnya sudah bisa diterbitkan Disdukcapil Kabupaten Tangerang,” kata Iip, Kamis (11/4)

Sebelumnya, sebanyak 1.261 pemohon perekaman data KTP elektronik periode Januari sampai Maret masih bisa menerima suket. Suket bisa digunakan untuk persyaratan administrasi suatu keperluan. Misalkan, keperluan perbankan, pekerjaan, pernikahan dan lain-lain.

“Bahkan, suket bisa digunakan untut persyaratan pencoblosan dalam Pemilu. Tapi, ada laporan ke kami dari masyarakat bahwa data biodata diri pengganti suket ditolak sejumlah bank,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here