Home TANGERANG HUB PN Tangerang Tandatangani Fakta Integritas

PN Tangerang Tandatangani Fakta Integritas

1
SHARE
TANDA TANGAN: Pengadilan Negeri Tangerang menandatangani zona integritas bebas korupsi di aula PN Tangerang, Kamis (11/4). FOTO: Randy Yastiawan/Tangerang Ekspres

TANGERANG- Menekan potensi kembalinya terjadi praktik korupsi, Pengadilan Negeri (PN) Tangerang menandantangani fakta integritas, Kamis (12/4).

Penadatangan dihadiri Wakil Walikota, Kapolres, Kejari, Kepala Lapas Pemuda, Kepala Imigrasi serta Kepala PN Banten untuk menyaksikan serta berkomitmen kedepan PN sebagai zona Integritas dan tidak akan ada lagi praktik korupsi, Kolusi, dan Nepotisme.

Menurut Kepala PN Provinsi Banten Haryanto, pencanangan tersebut merupakan komitmen nyata pejabat di lingkungan PN Tangerang dalam memberikan pelayanan prima bagi masyarakat. Adapun bentuk pengawasan yang akan dilakukan dengan dua metode, pengawasan internal dan juga pengawasan eksternal.

“Dari internal pengawasan dilakukan dengan PN dan Mahkamah Agung. Sedangkan pengawasan eksternal bisa dilakukan komisi Yudisial dan juga masyarakat. Dengan cara tersebut masyarakat bisa ikut mengawasi kinerja PN agar tetap netral,”ujarnya.

Haryanto menambahkan, dibutuhkan campur tangan banyak pihak agar intergritas para penegak hukum pradilan ditegakan. Bahkan masyarakat juga harus ikut membantu mengawasi jika menemukan penyimpangan di PN Tangerang.

“Saya minta semuanya harus ikut mengawasi dan mengontrol apakah penadatanganan zona integritas ini dilaksanakan atau tidak. Jika memang tidak berjalan maka bisa laporkan ke PN Provinsi dan MA untuk nantinya akan kami tindak jika memang ada penyimpangan,”ungkapnya.

Terpisah Wakil Walikota Tangerang Sachrudin mengatakan, dengan adanya zona integritas di PN Tangerang bisa meningkatkan kinerja serta bersih dari KKN. Selain itu juga, zona integritas bisa membuat para pegawai PN tertib serta mempunyai tanggung jawab atas tugasnya.

“Di Pemkot Tangerang juga telah melakukan zona integrtitas, dimana para pegawai Pemkot tidak boleh terlibat KKN. Jika memang ada dan terbukti bisa dilaporkan dan akan kami tindak selanjutnya pihak berwajib akan menanganinya. Untuk itu dengan adanya zona integeritas di PN mudah-mudahan bisa meningkatkan mutu kinerja pegawai PN,”ungkapnya. (mg-9)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here