Home TANGERANG HUB Cegah Aksi Coret-coret, Usai UN Gelar Baksos

Cegah Aksi Coret-coret, Usai UN Gelar Baksos

443
1
SHARE

CIPUTAT-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangsel melakukan beragam cara dalam membentuk karakter siswa. Seperti, tidak melakukan kegiatan tak bermanfaat usai ujian nasional (UN).

mengimbau kepada siswa SMP tidak melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat pada hari akhir pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) Utama 2019, Kamis (25/4).

Kepala Dindikbud Kota Tangsel Taryono mengatakan, pelaksanaan UNBK Utama tingkat SMP tahun 2019 telah berakhir kemarin. “Alhamdulillah UNBK berjalan dengan baik dan lancar dan saya ia mengimbau kepada guru agar siswa tidak melakukan hal-hal yang tidak berguna,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Kamis (25/4).

Taryono menambahkan, siswa dihararapkan diarahkan melakukan hal yang baik sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT. Seperti, melakukan sujud syukur dan bakti sosial (baksos) atau gerakan sosial membersihkan tempat-tempat ibadah (jelang ramadan), mengumpulkan dan menyumbangkan pakaian seragam bekas layak pakai dan lainnya.

Juga diharapkan tetap menjaga ketertiban, keamanan, dan kedamaian dengan tidak melakukan corat coret apapun yang tidak pantas atau sesuai aturan. Tidak konvoi atau kebut-kebutan menggunakan sepeda motor di jalan raya agar tidak mengganggu orang lain dan membahayakan diri sendiri.

“Serta tidak melakukan hal-hal yang melanggar norma, aturan dan hukum yang berlaku, serta mendatangkan efek negatif, seperti penyalahgunaan narkoba, merokok dan lainnya,” tambahnya.

Masih menurutnya, bila hal tersebut dilakukan maka, pihak berwajib tak segan-segan akan menindak pelanggaran sesuai aturan yang berlaku. “Orangtua juga memiliki peran penting agar menjaga dan mengawasi anaknya supaya tidak melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri dan orang lain,” terangnya.

Tahun ini, UNBK di Tangsel dilaksanakan dari 22 sampai 25 April 2019. Ada 189 sekolah tingkat SMP yang ikut, yakni 22 SMPN, 167 SMP swasta dan semuanya mengikuti UNBK. Dari total sekolah SMP, 171 Sekolah melakukan UNBK mandiri dan 18 sekolah menumpang. “Total peserta yang ikut UNBK sebanyak 17. 693 siswa,” tuturnya. (bud)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here