Home PENDIDIKAN SMKN 12 Kabupaten Tangerang Belajar Bisnis Online

SMKN 12 Kabupaten Tangerang Belajar Bisnis Online

0
SHARE
PEMAPARAN MATERI: Dosen STMIK Eresha Pamulang, Kota Tangsel saat memaparkan materi kepada siswa SMKN 12 Kabupaten Tangerang, kemarin. FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Belajar bagaimana mengelola sebuah usaha, memang bagus jika diajarkan kepada mereka yang beranjak remaja. Misalnya yang diajarkan kepada siswa SMKN 12 Kabupaten Tangerang, Mereka diajarkan bagaimana belajar bisnis online yang dilakukan oleh mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Eresha Pamulang, Kota Tangsel yang sedang menyelenggarakan  kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di sekolah tersebut.

Dosen STMIK Eresha Pamulang, Yan Mitha Djaksana, memaparkan, kegiatan PKM yang dilakukan mahasiswa beranekaragam kegiatannya. Biasanya, PKM lebih kepada memberikan pembelajaran yang bisa dilakukan langsung oleh masyarakat, seperti bagaimana mengolah sampah, serta cara mengembangkan bisnis online kepada para pelajar.

Pada PKM yang diselenggarakan di SMKN 12 Kabupaten Tangerang, sedikitnya lima mahasiswa dari Prodi Magister Komputer dan tiga mahasiswa dari Prodi Sistem Informatika berkolaborasi dengan dosen, menggelar pelatihan bertemakan “Menggerakan Ekonomi Melalui Bisnis Daring Menuju Era Industri 4.0” yang diikuti oleh 116 siswa Prodi Pemasaran dan Bisnis Daring, dan juga Prodi Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 12 Kabupaten Tangerang.

Salah seorang pemateri, Walid Jumarwan, menjelaskan dengan memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai strategi pemasaran dalam dunia online, mengenalkan berbagai e-commerce dan bagaimana memanfaatkan marketplace lokal yang ada sebagai wadah para siswa untuk memulai bisnis online.

Tidak hanya itu, para siswapun dapat memanfaatkan berbagai medsos untuk memulai bisnis atau usaha. Sehingga medsos menjadi bernilai lebih positif bagi para siswa.

“Para pelajar saat ini harus memanfaatkan dunia media sosial dengan positif, contohnya bisa digunakan untuk bisnis. Sistem pemasaran seperti ini tidak membutuhkan modal, hanya saja bermodalkan paket internet yang nilainya relatif murah dan bisa terjangkau oleh para pelajar,” tegas  Walid.

Ketua LPPM STMIK Eresha Pamulang Abu Khalid Rivai, menuturkan, PKM merupakan salah satu bentuk pengaplikasian tridharma perguruan tinggi dan juga kegiatan ini merupakan bentuk latihan bagi mahasiswa STMIK Eresha Pamulang, untuk menerapkan ilmu yang sudah didapatkan di perguruan tinggi. Serta memberikan kontribusi secara langsung kepada masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

“Semoga apa yang disampaikan mahasiswa STMIK Eresha melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dan semoga apa yang mahasiswa sampaikan bermanfaat dan berguna bagi SMKN 12 Kabupaten Tangerang,” tegas Abu. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here