Home TANGERANG HUB PSU dan PSL di Kota Tangerang, Banyak yang Tidak Datang

PSU dan PSL di Kota Tangerang, Banyak yang Tidak Datang

1
SHARE
SEPI: Petugas KPPS di Panunggangan Barat, Cibodas, terlihat santai, karena tidak banyak warga yang datang di pemungutan suara ulang (PSU), Sabtu (27/4). FOTO: Randy Yastiawan/Tangerang Ekspres

KOTA TANGERANG-Pemungutan suara lanjutan (PSL) dan pemungutan suara ulang (PSU) di 63 TPS yang ada di Kota Tangerang terlihat sepi. Banyak warga memilih berlibur dan kerja lembur ketimbang mencoblos lagi. Seperti di TPS 45 Kecamatan Cibodas, Kelurahan Uwung Jaya. Di sana dilakukan PSL surat suara untuk DPR RI. Dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) 67 orang, yang datang hanya 37 orang.

Untuk PSL, hanya warga yang belum mencoblos caleg DPR RI saja yang mendapatkan undangan ke TPS. Tidak berdasarkan DPT awal. Di TPS 45, ada 67 orang yang belum kebagian surat suara DPR RI pada 17 April lalu. Karena, surat suaranya tidak ada. Pada PSL Sabtu (27/4) lalu, 67 orang mendapatkan undangan kembali ke TPS.

Menurut ketua KPPS 45 Samsul, rata-rata warga yang tidak bisa datang karena bekerja. Walaupun sudah diberikan surat undangan untuk melakukan PSL. “Kami sudah memberikan undangan kepada warga yang belum melakukan pencoblosan untuk caleg DPR RI, tetapi mau bagaimana lagi kebanyakan warga di sini bekerja semua. Saya sempat menanyakan langsung ke salah satu keluarga, katanya tidak bisa datang ke TPS karena anak dan suaminya bekerja sejak subuh sudah berangkat,” ujarnya.

Samsul menambahkan, tidak bisa memaksakan warga untuk melakukan PSL. Walaupun sudah diberikan undangan. “Kami hanya menjalankan tugas, kalau misalnya warga tidak bisa datang kami tidak bisa paksakan. Kami tetap jalankan sampai jam 13.00 WIB,”ungkapnya.

Hal yang sama juga terjadi di TPS 50 Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas yang melakukan PSU surat suara Presiden dan Wakil Presiden terilhat sepi. Bahkan dari DPT 160 yang datang hanya 20 orang untuk melakukan pencoblosan. “Dari DPT 160 hanya 20 orang yang datang. Alasannya ada yang bekerja dan juga ada yang pergi berlibur bersama keluarganya,” ungkap ketua KPPS 50 Andi kepada Tangerang Ekspres, Sabtu (27/4).

Menanggapi hal tersebut ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Syaelindra mengungkapkan, pihaknya sudah memaksimalkan untuk mengundang masyarakat datang ke TPS. Karena pada Kamis (25/4) KPU sudah menyebarkan undangan ke masyarakat. “Kita sudah maksimal mengundang warga untuk bisa datang ke TPS melaksanakan PSU dan PSL. Kalau memang tidak bisa, kami juga tidak bisa memaksakan. Tetapi sejak pagi berjalan lancar dan tidak ada kendala,” tuturnya.

Ahmad menambahkan, dari pantauan KPU semua TPS sudah menjalankan PSU dan PSL. Ada beberapa yang warganya datang semua dan juga ada yang tidak datang karena alasan bekarja dan pergi keluar kota. “Kalau kami lihat ada beberapa yang warganya antusias datang ke TPS untuk PSU atau PSL, seperti di TPS 04 Kekurangan Larangan Indah warganya datang semua untuk melakukan PSU untuk surat suara DPRD Kota Tangerang,” tutupnya. (mg-9)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here