Home NASIONAL Dana yang Dihabiskan Capres-Cawapres

Dana yang Dihabiskan Capres-Cawapres

0
SHARE

JAKARTA-Pasangan calon (paslon) presiden-wakil presiden telah menghabiskan ratusan miliar untuk berkampanye selama 7 bulan. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokwi-Ma’ruf Amin menyerahkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Dalam laporannya itu, TKN telah menghabiskan uang sebesar Rp 601 miliar selama kampanye. Sementara dana yang diterima dari berbagai pihak, Rp606,7 miliar lebih. Tim Badan Pemenangan Prabowo-Sandi melaporkan telah menghabiskan Rp 211,5 miliar. Sumbangan dari berbagai pihak Rp 213,2 miliar.

Bendahara TKN Sakti Wahyu Trenggono menjelaskan, total penerimaan dana kampanye sebesar Rp606,7 miliar. Uang sebesar itu telah dipakai untuk mendanai kampanye paslon 01 sebesar Rp601,3 miliar. Trenggono menuturkan, penerimaan dalam bentuk barang sebesar Rp3,7 miliar. Adapun pengeluaran terbanyak TKN diperuntukkan untuk biaya operasional, yakni sebesar Rp597,9 miliar. “Penerimaan itu terdiri dari sumbangan parpol, jadi beberapa parpol menyumbang pada kita sebesar Rp79 miliar sekian sekian, tepatnya Rp79.735.699.000,” ujar dia.

Trenggono menambahkan, ada pula sumbangan dari 17 kelompok sebesar Rp251 miliar. Sumbangan dari 252 orang Rp21,8 miliar, dan sumbangan dari 40 perusahaan sebesar Rp253,9 miliar. “Sumbangan dari paslon tidak ada. Yang paling besar dari perusahaan, pengusaha,” ungkap Trenggono.

Di tempat sama, Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno mengantarkan sendiri LPPDK Pilpres 2019. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu sengaja menyerahkan sendiri LPPDK sebagai komitmen transparansi. “Saya ingin mengikuti proses konstelasi demokrasi yang transparan, akuntabel dan terang benderang. Oleh sebab itu, saya bersama tim bendahara memastikan setiap bulan kami laporkan dana kampanye kami. Walaupun tak diharuskan oleh peraturan perundang-undangan oleh KPU,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here