Home BANTEN Pemilu 2019 di Banten Jurdil, Aman, & Damai

Pemilu 2019 di Banten Jurdil, Aman, & Damai

0
SHARE
PEMILU AMAN: Kapolda Banten Irjen Pol. Tomsi Tohir menghadiri Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 tingkat Provinsi Banten di Kantor KPU Banten, Kota Serang, Selasa (7/5). FOTO: Humas Polda Banten for Banten Ekspres

SERANG-Sejumlah pejabat penyelenggara pemilu hadiri rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, Polda Banten dan jajaran menyiagakan personel untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Selasa (7/5).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua KPU Banten Wahyu Furqon, Ketua dan Sekretaris KPU kabupaten/kota se-Provinsi Banten, Bawaslu, Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Tomsi Tohir, Msi, Danrem 064/MY, Kajati, Dan Lanal, Forkopimda dan perwakilan saksi partai politik.

Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Tomsi Tohir, Msi mengatakan meski sempat diundur dari jadwal yang sudah ditetapkan, pelaksanannya tetap berjalan sesuai mekanisme dan akan dijaga ketat oleh pihak kepolisian dan TNI sampai dinyatakan selesai.

“Personel Polda bnaten dan jajaran termasuk Satuan Brimob dan Satuan TNI kami siagakan selama proses rekapitulasi penghitungan suara berlangsung. Hal ini dimaksud untuk memberikan jaminan keamanan kepad apara penyelenggara pemilu, para saksi dan masyarakat pada umumnya, serta untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Tomsi di Aula KPU Provinsi Banten, Jl Syech Nawawi Al Bantani, Cipocok Jaya-Kota Serang.

Lebih lanjut, Kapolda Banten telah menyiagakan personel pengamanan dari pintu gerbang masuk, area parkir, hingga di dalam gedung KPU.

Ketua MUI Provinsi Banten, KH. Romli sebagai tokoh masyarakat Banten, menyampaikan bahwa sampai saat ini untuk wilayah Banten pelaksanaan Pemilu 2019 sudah berjalan dengan baik, mulai dari TPS, PPK, hingga KPUD berlangsung dengan jurdil, transparan dan demokratis. “Hingga saat ini sedang berlangsung tahap rekapitulasi di tingkat provinsi ini juga dapat berlangsung lancar,” katanya.

Sebelumya, sejumlah saksi partai politik peserta Pemilu 2019, termasuk saksi paslon 01 dan paslon 02, juga menyampaikan apresiasi kepada para penyelenggara pemilu, mulai dari TPS, PPS, PPK, hingga KPUD yang telah bekerja dengan sangat keras untuk menyelenggarakan pesta demokrasi yang baik. Kemudian ucapan terimakasih disampaikan kepada segenap jajaran TNI-Polri khususnya di wilayah hukum Polda Banten dan Korem 064/MY atas terselenggaranya hajatan akbar pesta demokrasi Pemilu, baik Pilpres maupun Pileg tahun 2019 yang berjalan dengan aman, damai, dan sejuk.

Meskipun tahapan pleno tingkat KPU provinsi sementara masih berlangsung, namun sejumlah besar tokoh parpol memandang pemilu tahun ini berjalan baik, secara jujur, transparan, dan demokratis.

“Terimakasih kepada jajaran TNI-Polri yang telah mengawal dan mengamankan pemilu sehingga dapat berjalan dengan baik, secara jujur, transparan, walaupun ada beberapa kendala namun dapat diselesaikan dengan baik dan aman,”ungkap Ruli, Koordinator Saksi Partai Gerindra Kabupaten Serang saat ditemui di lokasi Sidang Pleno KPUD Kabupaten Serang, Hotel Flamengo, Kepandean, Kota Serang, Sabtu (4/5).

Hal senada juga disampaikan saksi Partai PKS Kabupaten Serang, Salman Al-Farizi. Menurutnya, penyelenggaraan tahapan pemilu di wilayah hukum Polres Serang Polda Banten berjalan aman, tertib, dan lancar.

“Untuk pleno KPU tingkat PPK di Kabupaten Serang sudah selesai dengan baik, dan untuk saat ini sementara masih berlangsung pleno KPU Tingkat Kabupaten Serang. Semua rangkauan kegiatan mulai dari pergeseran logistik hingga penyelenggaraan pleno tigkat kecamatan maupun kabupaten ini kami kawal,” ungkap para saksi.

Sementara itu, tokoh agama mengapresiasi kinerja penyelenggara Pemilu 2019 di Serang Kota, yang jurdil dan transparan. Dengan pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan aman dan lancar, seluruh pihak penyelenggara saling bersinergi sehingga dapat terciptanya Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 yang sesuai dengan mekanisme sangat transparan, jujur dan adil.

Dalam kesempatan ini, Sekretaris MUI Kota Serang, Amas Tadjudin menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat danpihak penyelenggara Pemilu 2019 karena pelaksanaan di Banten dapat berjalan lancar, aman, damai, dan kondusif. Apresiasi itu juga disampaikan kepada Bawaslu dan TNI-Polri.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja penyelenggara Pemilu seperti KPU dan Bawaslu yang tetap bersemangat. Semoga hasil Pemilu 2019 transparan, jujur, adil, dan aman, dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat,” katanya, Sabtu (4/5).

Kemudian Ams Tadjudin mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan jangan mudah terpancing oleh berita bohong (hoaks) dan ujaran kebencian yang ditujukan untuk perpecahan.

“Kami berpesan kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di Banten, agar tidak mudah terprovokasi dan tidak mudah mencerna isu-isu hoaks pasca pemilu,” ujarnya. (mg-04/tnt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here