Home TANGERANG HUB Di Ciputat, Gerindra Protes Suara Hilang

Di Ciputat, Gerindra Protes Suara Hilang

1
SHARE
BELUM SELESAI: Suasana pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Kecamatan Ciputat di Gor Ciputat, Rabu (8/5). FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

SERPONG UTARA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel belum menuntaskan rekapitulasi suara tingkat Kota Tangsel. Hingga Rabu (8/5) sore, KPU baru menyelesaikan pleno untuk empat kecamatan, yakni Setu, Serpong, Serpong Utara dan Pondok Aren. Ciputat Timur dan Pamulang, kemarin malam sedang dalam proses rekapitulasi tingkat Kota Tangsel di Hotel Marlyn. Sementara pleno di kecamatan Ciputat, sempat terjadi ketegangan.

Ketua Bawaslu Kota Tangsel Muhamad Acep mengatakan, ketegangan yang terjadi di pleno suara tingkat PPK di Ciputat, Rabu malam. Karena adanya protes dari saksi Gerindra. Versi saksi Gerindra, kata Acep, ada suara yang hilang di 8 TPS. Di DA 1 plano (kelurahan) tak masalah. Perolehan suara tak berubah. Tapi saat di DAA1 (salinan), ada suara Gerindra berubah, ada yang hilang. Saksi Gerindra juga protes di 8 TPS yang menganggap perolehan suara di PDIP naik. Untuk mencocokan suara, saksi Gerindra meminta PPK untuk membuka kotak suara untuk melihat DA1. “Tetapi PPK tidak mau membuka,” lanjut Acep. Terjadilah ketegangan dan beradu argumen. Tim Bawaslu yang ada di lokasi akhirnya menengahi. “Kami sarankan kepada saksi yang tidak puas, untuk membuat laporan resmi ke Bawaslu,” lanjut Acep.

Divisi Teknis pada KPU Kota Tangsel Achmad Mudjahid Zein mengatakan, tahapan rekapitulasi tingkat kota seharusnya selesai 7 Mei. Namun, karena belum selesai di tingkat PPK, sehingga KPU mengikuti petunjuk surat dari KPU RI. “Isi suratnya, KPU kota/kabupaten boleh melanjutkan rekapitulasi sampai H-2 di tingkat provinsi. Di KPU Banten tahapan rekapitulasi sampai 12 Mei. Artinya kita harus selesai pleno paling lambat 10 Mei,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Rabu (8/5).

Zein menambahkan, hari ini (kemarin) akan diselesaikan rekapitulasi tingkat kota dan tinggal menyisakan tiga kecamatan lagi. “Ciputat Timur dan Pamulang sudah selesai pleno tingkat kecamatan dan tinggal persiapan menuju lokasi pleno tingkat Kota Tangsel. Sedangkan Kecamatan Ciputat masih melaksanakan pleno di kecamatan,” tambahnya. Pantauan Tangerang Ekspres di lokasi pleno, nama-nama baru menguasai sebagian besar kursi di wilayah Serpong Utara atau Dapil 4 Tangsel pada pemilihan DPRD Kota Tangsel. Paling tidak itu yang terlihat dari hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 di tingkat kota yang berlangsung di Hotel Merilyn Serpong Utara. Lima partai yang memperoleh suara terbesar adalah PDIP, Golkar, Gerindra, PSI dan PKS. Dari jumlah suaranya dan setelah coba dihitung menggunakan metode Sainte Lague, masing-masing parpol mendapat satu kursi.

Saat pleno tingkat kecamatan Ciputat, menjadi perhatian serius para petinggi parpol di Kota Tangsel. Ketua Gerindra Tangsel Li Claudia Chandra pun datang ikut memantau. Karena, di dapil Ciputat inilah, ia menggantungkan suaranya untuk merebut kursi DPRD Kota Tangsel. Diprediksi Gerindra mendapatkan 2 kursi. Untuk Li Claudia dan Tb Adha. Sementara dua petahana partai Golkar, Sukarya dan Aminudin, juga bakal kembali melenggang ke DPRD Kota Tangsel. (bud)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here