Home TANGERANG HUB Telemedicine Tingkatkan Kompetensi Dokter

Telemedicine Tingkatkan Kompetensi Dokter

0
SHARE
ALAT: Petugas kesehatan Puskesmas Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang (kiri) mengoperasikan alat telemedicine, Rabu (8/5). FOTO: Zakky Adnan/Tangerang Ekspres

TELEMEDICINE adalah pemakaian telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan medis jarak jauh. Aplikasi telemedicine ini menggunakan teknologi satelit untuk menyiarkan konsultasi di dua tempat berbeda.

Triawan Nugroho, Enginering Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) menjelaskan, telemedicine merupakan alat untuk mengatasi kendala jarak antara pasien yang di desa dengan dokter spesialis di kota atau rumah sakit (RS). Walhasil, lanjutnya, alat tersebut dapat mempermudah komunikasi antara dokter spesialis dengan pasien maupun dokter di puskesmas.

“Saat ini, telemedicine di sini baru memiliki fitur perekaman EKG yaitu, untuk rekam jantung, video conference, dan  mengirim data rekaman medis dari puseksmas ke dokter spesialis. Bagi kami ini merupakan solusi peningkatan pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Dengan begitu, kata Triawan, manfaat telemedicine mencakup ke dalam tiga aspek yang saling terkait antara pasien, dokter dan rumah sakit. Manfaat bagi pasien diantaranya, memepercepat akses pasien ke RS rujukan.

Di tempat yang sama, Ade Dahyani, Kabag TU Puskesmas Pasar Kemis menambahkan, telemedicine dapat berguna untuk dokter di puskesmas. Dengan alat itu, lanjut Ade, dokter-dokter yang ada di puskesmas dapat konsultasi secara langsung dengan dokter spesialis di RS.

“Sementara ini, BPPT baru menyediakan alat ini di RS Balaraja dan Puskesmas Pasar Kemis. Dan, ini tergantung kesiapan dari dokter spesialis di sana (RS). Jadi kalau kami ingin konsultasi, ya di sini di buka, di sana juga di buka,” jelasnya.

Ia menyebutkan pemanfaatan teknologi internet harus benar-benar maksimal untuk memudahkan dalam mendiagnosa pasien. “Jadi, dengan alat ini pasien tidak perlu datang ke dokter spesialis di RS. Sebab, hasil pemeriksaan yang dikirim dari puskesmas bisa langsung dilihat dokter spesialis di RS,” tukasnya. (zky/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here