Home BANTEN Demokrat Kembali Amankan Kursi Pimpinan, Raih 9 Kursi DPRD Banten

Demokrat Kembali Amankan Kursi Pimpinan, Raih 9 Kursi DPRD Banten

0
SHARE
JUMPA PERS: Ketua Bappilu DPD Demokrat Banten Azwar Anas memberikan keterangan pers di Sekretariat DPD Demokrat Banten, Cipocok Jaya, Kota Serang, Selasa (14/5). FOTO: Tb Iyus/Banten Ekspres

SERANG – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Banten mulai membentuk tim seleksi (timsel) wakil ketua DPRD kabupaten/kota dan provinsi dari Fraksi Demokrat periode 2019-2024, Senin (13/5) malam. Siapa yang berhak mengisi kursi tersebut akan dinilai dari perolehan suara calon anggota legislatif (caleg) yang berhasil melenggang ke gedung parlemen.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Demokrat Provinsi Banten, Azwar Anas mengklaim, untuk lima tahun ke depan Demokrat tetap bisa mengamankan satu dari lima kursi pimpinan DPRD Banten. Hal itu tak lepas dari hasil Pemilu 2019 dimana Demokrat berhasil mendapatkan sembilan kursi.

“Untuk DPRD Banten sembilan kursi, naik satu kursi dari Pemilu 2014. Tetap pimpinan, di empat kabupaten/kota juga dapat kursi pimpinan, itu di Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Lebak,” kata Anas saat jumpa pres di Sekretariat DPD Demokrat Banten, Cipocok Jaya, Kota Serang, Selasa (14/5).

Mantan aktivis Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMMI) itu menjelaskan, untuk penetapan siapa dari caleg yang lolos ke parlemen dan akan mengisi kursi pimpinan akan dilakukan melalui tahap seleksi. Bahkan, pihaknya juga sudah membentuk tim seleksi pada awal pekan kemarin.

“Itu AKD (alat kelengkapan dewan) memang DPD telah membentuk tim, sudah dirampungkan tadi (13/5) malam,” jelasnya.

Soal kriteria yang akan mengisi kursi pimpinan, kata dia, salah satunya adalah dilihat dari perolehan suara caleg itu sendiri. Selain itu, ada beberapa penilaian lainnya yang jadi pertimbangan seperti jenjang karier politik hingga loyalitas.

“Salah satu poin tercatat bahwa siapa kader Demokrat suara terbanyak kemudian loyalitas. Fit and proper test akan kami lakukan juga. Sudah kita godok dan sudah ada beberapa nama. Kita tunggu saja beberapa bulan ini. Bukan di tingkat provinsi saja ada di kabupaten/kota juga,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here