Home TANGERANG HUB Di Dukcapil Corner, Urus KIA Bisa Sambil Nge-Mall

Di Dukcapil Corner, Urus KIA Bisa Sambil Nge-Mall

0
SHARE
DARI KIRI: Kepala Disdukcapil Dedi Budiawan, Walikota Airin Rachmi Diany dan General Manager Mal Living World Alam Sutera, usai meresmikan Dukcapil Corner, di mal tersebut, kemarin. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

SERPONG UTARA-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) tak pernah henti berionvasi. Terbaru, dinas ini membuka Dukcapil Corner. Sarana ini, yang didirikan di Mal Living World, Alam Sutera akan mempermudah warga dalam mengurus Kartu Identitas Anak (KIA). Sebab, dengan Dukcapil Corner, warga bisa mengurus KIA sambil jalan-jalan atau nge-Mall.

Jumat (24/5), sarana ini diresmikan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany. Kepala Dukcapil Tangsel Dedi Budiawan mengatakan, tujuan bukanya Dukcapil Corner adalah untuk membuat senang dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. “Jadi, masyarakat bisa one stop service, warga bisa ke mal terus membuat KIA dan sebaliknya,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Jumat (24/5).

Budiawan menambahkan, Dukcapil Corner bisa digunakan untuk layanan pencetakan KIA khusus bagi pemohon yang ingin membuat KIA Tangsel. Pada pelaksanaan uji coba sudah berjalan hampir dua bulan, dan dalam sehari pelayanan pencetakan mencapai 100 keping dan berjalan dengan baik dan lancar.

“Pelayanan ini kita laukukan setiap Selasa sampai Kamis, Sabtu dan Minggu. Intinya masyarakat sangat puas karena tempat layanannya nyaman dan cepat sehari jadi, bisa sambil ngabuburit bikin KIA,” tambahnya.

Masih menurutnya, untuk proses pencetakan KIA tentu carnaya mudah dan praktis karena, masyarakat tinggal datang dengan membawa berkas yang diperlukan, yakni kartu keluarga (KK), KTP-el orangtua, Akta Kelahiran. Setelah selesai di verifikasi oleh petugas masyarakat boleh langsung mencetak sendiri KIA.

Apabila masyarakat masih bingung cara menggunakannya, petugas Dukcapil sudah menyiapkan alur penggunaan mesin anjungan KIA tersebut. Tentunya pelaksanaannya tetap didampingi oleh petugas Disdukcapil, dan menyediakan alat Barcode Scanner yang sudah terpasang pada Anjungan KIA Mandiri tersebut.

Masyarakat tinggal datang ke anjungan KIA dan melakukan scane barcode yang ada di kartu KIA. “Setelah keluar datanya masyarakat bisa langsung mencetak dan ini dikhususkan bagi pemohon yang KIA nya rusak atau hilang dan ingin memperpanjang atau membuat baru. Ini tentunya melatih masyarakat untuk membiasakan budaya self service,” jelasnya.

Masih menurutnya, tidak menutup kemungkinan mesin Anjungan KIA Mandiri tersebut bisa dikembangkan lebih luas lagi dari sisi penggunaannya. Contohnya untuk pencetakan KTP-el khusus bagi warga yang KTP-elnya hilang atau rusak. Itu bisa dilakukan karena persyaratan yang dibutuhkan tidak rumit, dan terutama data orang tersebut sudah ada dalam database, serta untuk menghindari calo karena orangnya sendiri yang datang untuk mengurus.

Hal tersebut yang melandasi Dukcapil memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.
“Tentu tujuan akhirnya adalah untuk membuat pelayanan publik yang outstanding, dimana pelayanan semakin mudah, cepat, berkualitas, dan mampu menyentuh harapan masyarakat banyak khususnya masyarakat Kota Tangsel,” tuturnya.

Sementara itu, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany memberi apresiasi kepada Dukcapil dan Mal Living World yang telah kerja sama membuka layanan KIA di mal tersebut. “PR kita adalah tempat sudah ada dan tinggal sampaikan ke pengunjung kalau ada pojok Dukcapil Corner, sehingga orang tahu kita ada layanan dan tempat pembuatan KIA,” ujarnya.

Airin menambahkan, saat ini antusias masyarakat luar biasa untuk mengurus KIA bagi anaknya. Sehingga dipastikan Dukcapil Corner akan banyak manfaatnya karena anak saat buat KIA maka orangtua datang dan tentunya pengunjung mal akan ramai. Tugas Dukcapil harus pastikan blanko KIA ada agar masyarakat tidak kecewa.

“Mudah-mudahan pojok corner ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dan khusus anak,” tuturnya.

Di tempat yang sama, General Manager Living World Adrian Pranata mengatakan, alasan kerjasama dengan Dukcapil karena pihaknya ingin berikan fasilitas dan kenyamanan bagi customer yang datang ke Mal Living World. “Yakni berupa one stop spot, dimana customer bisa melakukan membuatan KIA sambil melakukan aktivitas belanja dan makan,” ujarnya.

“Mudah-mudahan dengan adanya Dukcapil Corner ini bisa meningkatkan pelayanan masyarakat dan khususnya customen Mal Living World, serta dalam rangka Living World mendukung progran pemerintah,” ujarnya. (bud/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here