Home TANGERANG HUB Dinkes Jamin Stok Obat, BPJS Jamin Layanan Selama Lebaran

Dinkes Jamin Stok Obat, BPJS Jamin Layanan Selama Lebaran

0
SHARE
RAPAT: Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Tigaraksa Shanti Lestari (berdiri) menjelaskan mengenai pelayanan kesehatan yang tetap buka selama libur lebaran, Senin (27/5). FOTO: Asep Sunaryo/Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Pelayanan kesehatan selama libur lebaran tidak akan terhenti. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memastikan mulai dari H-7 hingga H+7 atau dari 29 Mei hingga 13 Juni 2019, peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) tetap memperoleh jaminan pelayanan kesehatan.

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Tigarakasa Shanti Lestari mengatakan, selama peserta membawa kartu JKN-KIS dapat digunakan untuk membiayai jaminan pelayanan kesehatan selama mudik. Hal ini sudah menjadi komitmen untuk mempermudah pelayanan bagi peserta selama mudik lebaran.

“Bisa digunakan dengan catatan kartu dalam kondisi aktif dengan di cek lewat aplikasi JKN Mobile yang bisa di download di Paly Store. Serta kita ingatkan untuk tetap dibawa saat mudik. Bisa mengunjungi fasilitas kesehatan di luar kota walaupun tidak terdaftar di fasilitas kesehatan yang dituju,” terangnya kepada awak media di ruang rapat Kantor BPJS Tigaraksa, Senin (27/5).

Shanti menjelaskan, apabila tidak terdapat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang memberikan pelayanan saat libur lebaran. Atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam pelayanan. Maka peserta dapat dilayani di Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.

Selain itu, BPJS menyediakan layanan khusus bagi peserta JKN-KIS di kantor cabang dimulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB dari 3 hingga 7 Juni 2019. Isinya melayani pendaftaran bayi baru lahir yang khusus bagi peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) dan Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Kemudian dapat melayani pencetakan kartu bayi baru lahir, perbaikan data, pencetakan kartu PBI yang sedang rawat inap. Serta re-aktivasi kepersertaan anak PPU berusia diatas 21 tahun dan sedang rawat inap.

“Pokoknya terkait penanganan yang membutuhkan solusi segera. Selain di kantor cabang, peserta dapat menghubungi kami di nomor 1500 400 yang beroperasi 24 jam termasuk hari libur. Bisa juga melalui Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP) yang ada di setiap rumah sakit. Dan bisa lewat website Lapor.go.id,” tandasnya.

Senda, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr. Corah Usman mengatakan, selama mudik lebaran telah membuka posko yang tersebar di 12 lokasi. Ia memaparkan, posko pelayanan mengikuti penyelenggaraan pengamanan mudik lebaran bersama TNI/Polri.

“Kita terjunkan perawat, sopir ambulance, dan dokter umum di setiap posko pelayanan kesehatan. Untuk puskesmas juga stand by 24 jam selama mudik dan libur lebaran. Untuk stok obat kita jamin selama mudik dan libur lebaran aman,” tandasnya. (mg-10/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here