Home TANGERANG HUB Tim SAR Siaga Pasukan Lebaran

Tim SAR Siaga Pasukan Lebaran

1
SHARE
PERIKSA : Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta Hendra Sudirman mengontrol kesiapan alat-alat yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan mudik lebaran di markas Basarnas, Kecamatan Neglasari, Senin (27/5). FOTO: Randy/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Basarnas Jakarta yang bermarkas di Jalan Marsekal Suryadharma, Kecamatan Neglasari, melakukan apel kesiapan personel, Senin (27/5).

Apel yang diikuti seluruh personel tersebut langsung dipimpin Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta Hendra Sudirman.

“Dalam rangka mendukung pelaksanaan arus mudik lebaran, BASARNAS melaksanakan siaga SAR khusus mudik lebaran.

Apel ini dengan tujuan terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal untuk mendukung serta membantu unsur-unsur terkait Polri, Perhubungan dan Pemerintah Kota (Pemkot) dalam rangka pemantauan jalur mudik angkutan lebaran secara aman, nyaman dan terkendali,”ujarnya.

Hendra menambahkan, ada beberapa hal yang perlu ditekankan dan diperhatikan oleh para petugas singa angkutan lebaran. Yaitu agar menjaga sikap yang sopan dan santun, baik dalam berkoordinasi dengan instansi terkait maupun melaksanakan misi penyelamatan di lapangan.

“Ikuti prosedur yang ada dan tunjukan bahwa kita bekerja secara profesional, disiplin tinggi dan tidak lupa bahwa keselamatan juga merupakan faktor yang penting,”paparnya.

Hendra menjelaskan, Kendaraan maupun peralatan peralatan Rescue akan menjadi salah satu faktor yang akan menunjang performa kinerja, sehingga perlu diperhatikan kebersihan dan perawatannya agar setiap saat digunakan selalu siap dan berfungsi dengan baik.

“Sebagi tim SAR, semua peralatan yang dimiliki juga harus diperhatikan kelayakanya. Jangan sampai pada saat digunakan peralatan tersebut yang akan dipakai tim tidak siap, untuk itu harus kontrol agar siap digunakan kapan saja dan dimana saja,”ungkapnya.

Ada beberapa titik yang menjadi jalur siaga SAR Khusus lebaran Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta. Seperti Bandara Internasional Soekarno Hatta, Pelabuhan Kali Adem, Teluk Jakarta, Kepulauan Seribu, Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Jalur Tol Jakarta-Cikampek, Jalur Tol Jagorawi, dan juga Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi sebagai destinasi wisata di kawasan Sukabumi.

“Beberapa alat utama juga dipersiapkan dalam mendukung kegiatan ini seperti sarana darat yang meliputi ATV, Motor Trail, Rescue CAR personil, Rescue CAR Compartement, Rescue Truck Personil, Rescue Truck Compartement, kemudian selain itu disiagakan pula untuk sarana air yang meliputi Rubber Boat LCR, Rafting Boat, RIB (Rigid Inflatable Boat), KN. SAR 246 Karna, dan Rescue Boat 410. Untuk itu kami selama lebaran akan siaga membantu masyarakat,”tutupnya. (mg-9)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here