Home TANGERANG HUB Keluhkan Harga Sayuran di Pasar

Keluhkan Harga Sayuran di Pasar

0
SHARE
PEDAGANG SAYUR: Harga sayuran masih tergolong tinggi di Pasar Sentiong Balaraja. FOTO: Asep Sunaryo/Tangerang Ekspres

BALARAJA – Seminggu hari pasca lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Tangerang, cenderung stabil. Tidak ada kenaikan harga pada momen lebaran tahun ini. Dibandingkan di tahun sebelumnya, harga kebutuhan pangan biasanya naik dan mahal. Namun tidak untuk tahun ini.

Pantauan Tangerang Ekspres di Pasar Sentiong, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, harga sembako yang dijual oleh pedagang cukup bervariatif, seperti harga cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat. Ada pedangan yang menjual dengan harga yang murah, standar dan tinggi.

Salah satunya Somad, dirinya menjual cabai merah sebesar Rp50 ribu per kilogram, cabai rawit sebesar Rp40 ribu, bawang merah sebesar Rp35 ribu, bawang putih sebesar Rp40 ribu dan tomat sebesar Rp14 ribu per kilogramnya. “Harga tinggi karena harga di pasar Induk Tanah Tinggi, Kota Tangerang masih relatif mahal,” kata Somad.

Lebih lanjut Somad memaparkan, ia maupun pedagang lainnya terpaksa harus menjual harga sayuran dengan harga tinggi. Jika tidak, maka para pedagang tidak akan mendapatkan keuntungan. “Jika harga di pasaran mudah, maka kami juga akan menjualnya murah kembali,” terang Somad.

Sementara itu, Bayu Sutisna, salah seorang pedagang lainnya mengatakan, bahwa harga seharusnya sudah mulai stabil sejak H+3 lebaran karena stok di pasar induk pun sudah memadai.

“Harga melonjak saat H-1 lebaran hingga H+2 lebaran, dikarenakan stok sembako menipis akibat pengecer tidak mendistribusikan mengingat hari raya Idul Fitri, mereka banyak yang pulang ke kampung halaman,” jelasnya.

Salah seorang pembeli Mulyani, mengeluhkan hal tersebut dikarenakan harganya cukup tinggi. “Saya bingung kok harganya masih cukup tinggi  padahal lebaran sudah lewat dua minggu, apa memang penjual masih terbawa suasana lebaran yah,” ujarnya.

Ia berharap agar pemerintah melakukan pantauan langsung terhadap pasar terkait harga sembako agar kembali normal. Sehingga masyarakat dapat kembali nyaman dan mendapat harga yang terjangkau pasca lebaran.(mg-10/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here