Home TANGERANG HUB Perayaan Peh Chun Melestarikan Tradisi

Perayaan Peh Chun Melestarikan Tradisi

0
SHARE
PERAHU NAGA: Para peserta lomba perahu naga ikut memeriahkan perayaan Peh Chun yang digelar di sungai Cisadane Jalan Kali Pasir, Kecamatan Tangerang, Sabtu (15/6). FOTO: Randy/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Warga Tiongha di Kota Tangerang menggelar perayaan Peh Chun di bantaran Sungai Cisadane, Jalan Kali Pasir, Kecamatan Tangerang, Sabtu (15/6).

Wakil Waliota Sachrudin, Kepala Disbudpar Rina  Hernaningsih, Camat Tangerang Agus Hendra, Bens Leo dan juga Andy F Noya hadir untuk melihat langsung perayaan festival yang telah menjadi tradisi warga sekitar.

Wakil Walikota Tangerang Sachrudin mengatakan, perayaan Peh Chun memang sudah menjadi tradisi warga Tiongha yang ada di Kota Tangerang. Bahkan, setiap tahun Peh Chun selalu digelar dan ditonton banyak orang sehingga bisa menarik wisatawan.

“Perayaan Peh Cun ini sangat bagus dan menarik, karena memang sudah menjadi tradisi warga Tiongha di Kota Tangerang khususnya warga yang tinggal di Kali Pasir. Perayaan ini harus dipertahankan, karena memang perayaan ini sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahun yang diciptakan para orangtua terdahulu,”ujarnya.

Sachurudin menambahkan, perayaan Peh Cun bisa menjadi objek wisata di Kota Tangerang. Karena pada saat dimulai warga yang melihat sangat banyak, untuk itu harus dipertahankan dan jangan sampai ditinggalkan.

“Kalau saya liat memang ini sangat bagus untuk menjadi objek wisata di Kota Tangerang. Apalagi kita juga mempunyai festival Cisadane yang akan digelar pada Juli mendatang. Mudah-mudahan adanya kegiatan Peh Chun dan festival Cisadane bisa menarik wisatawan untuk datang ke Kota Tangerang,”paparnya.

Kepala Disbudpar Kota Tangerang Rina Hernaningsih mengungkapkan, perayaan ini memang telah menjadi agenda warga Kali Pasir. Apalagi didalam perayaan tersebut digelar banyak kegiatan, seperti lomba perahu naga, mengulek sambel, drama musikal Peh Chun dan kegiatan lainnya.

“Setiap tahun perayaan ini sangat meriah, apalagi setiap perayaan digelar selalu menampilkan sebuah kegiatan yang berbeda. Saya sangat mendukung sekali kegiatan ini, karena bisa menjadi sebuah objek wisata,”ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here