Home BANTEN Tiga Rumah Panggung di Cipanas Ludes Terbakar

Tiga Rumah Panggung di Cipanas Ludes Terbakar

0
SHARE
PADAMKAN API: Relawan BPBD Kabupaten Lebak dibantu warga memadamkan sisa api yang membakar tiga rumah milik warga Kampung Taleus, Desa Luhur Jaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Jumat (21/6). FOTO: Ahmad Fadilah/Banten Ekspres

LEBAK-Tiga rumah warga di Kampung Taleus, Desa Luhur Jaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak ludes terbakar, Jumat (21/6). Kebakaran diduga akibat arus pendek listrik dari rumah milik Suryana (36) hingga akhirnya merembet ke dua bangunan rumah yang ada di sebelahnya, yakni milik Meme (40) dan Amsori (36). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Informasi yang berhasil dihimpun, kebakaran yang terjadi pada pukul 9.30 WIB tersebut terjadi begitu cepat. Sehingga, warga sekitar yang mayoritas petani mengetahui api telah mengepung seluruh sudut-sudut rumah.

“Iya api berasal dari rumah Suryana dan waktu kejadia dia dan istri sedang berada di kali, tidak jauh dari rumahnya. Namun api sudah besar dan mulai merember kedua rumah di sebelahnya,” kata Madlias, Kepala Seksi Kedaruratan dan logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak.

Menurut dia, karena hembusan angin yang cukup kencang dan minimnya air dan peralatan pemadam, akhirnya api yang sudah merember ke rumah milik Meme dan Amsori tidak dapat dipadamkan hingga mengahbiskan tiga bangunan rumah beserta isinya.

“Warga yang dibantu relawan BPBD, petugas Polri dan TNI terus berupaya memadamkan api agar apu tidak merember ke rumah lainnya yang juga terbuat dari material mudah terbakar yakni bambu dan kayu,” ujarnya.

Kerugian akibat kebakaran, kata dia, ditaksir mencapai ratusan juta. Pasalnya, selain tiga bangunan rumah yang rata dengan tanah, seluruh barang berharga ketiganya seperti barang elektronik, uang tunai, emas, padi kering siap giling sampai dengan surat berharga tidak ada yang bisa diselamatkan.

“Saat kejadian pemilik rumah tidak ada di tempat, ada yang sedang ke pasar ada juga yang sedang ke ladang. Sehingga begitu mengetahui rumahnya terbakar mereka syok bahkan ada yang terjatuh pingsan,” katanya.

Untuk meringankan beban keluarga korban, kata Madlias, BPBD menyalurkan bantuan logitik kedaruratan bencana langsung kepada korban.

“Seluruh keluarga korban untuk sementara mengungsi di masing-masing saudaranya yang tidak jauh dari rumah mereka yang terbakar,” ucapnya.

Saheri, Kepala Desa Luhur Jaya saat ditemui di Kantor BPBD Lebak mengaku, dirinya mendatangi kantor sengaja guna melaporkan secara langsung kebakaran yang menimpa tiga rumah warganya ini.

“Alhamdulillah bantuan logistik sudah disalurkam dan diberikan langsung kepada korban. Kami juga akan koordinasi dengan Dinsos terkait bantuan rehab rumah bagi korban kebakaran, agar segera dibantu,” ucapnya. (mg-05/tnt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here