Home TANGERANG HUB Calon Haji Harus Siapkan Kesehatan Fisik, Jalan 30 Menit Tiap Hari

Calon Haji Harus Siapkan Kesehatan Fisik, Jalan 30 Menit Tiap Hari

0
SHARE
Kloter pertama Banten, Kota Tangerang akan diberangkatkan 7 Juli mendatang. Calon jamaah harus mempersiapkan fisik dengan baik, agar saat di Arab Saudi bisa beribadah dengan khusyuk.

TANGERANG: Sebanyak 9.745 calon haji (Calhaj) asal Banten akan diberangkatkan dan dibagi dalam 25 kelompok terbang (kloter). Kota Tangerang merupakan kloter pertama, rencannya akan diberangkatkan mulai 7 Juli mendatang. Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Eka Jusuf Singka meminta kepada calon jemaah haji (CJH) untuk melakukan persiapan kesehatan fisik. Lantaran, iklim Arab Saudi kini dalam kondisi kering. Dibutuhkan stamina tubuh yang baik.

“Kalau di sana panas pakai payung, lapar segera makan,” ujarnya. Jamaah haji harus menjaga dirinya agar sehat meski sedang beribadah.

Kondisi iklim di Arab Saudi dikhawatirkan memicu infeksi saluran pernapasan. Hal ini menurut Eka memang sering dialami oleh jamaah haji. Untuk itu, Kemenkes mempersiapkan 79 ton obat-obatan. “Sebagian besar terdiri atas cairan infus,” ujarnya.

Eka juga berpesan agar sebelum berangkat, calon jamaah haji harus mempersiapkan diri. Caranya dengan rajin berolahraga. Terutama rutin jalan, minimal 30 menit. Sebab haji merupakan ibadah fisik.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Banten Bazari Syam Bazari mengatakan, pihaknya telah rampung menyusun kloter pemberangkatan calhaj Banten. Dari 25 kloter yang telah disiapkan akan dibagi dalam dua gelombang.

Gelombang pertama terdiri atas 8 kloter dan 17 kloter pada gelombang kedua. Jumlah jemaah hajinya itu 9.745 kita bagi ke dalam 25 kloter. Keberangkatan Insya Allah pada 7-8 Juli,” katanya.

Ia menjelaskan, dari delapan kloter gelombang pertama tersebut, calhaj Kota Tangerang akan menjadi yang pertama diberangkatkan. Untuk persiapannya sendiri diakuinya sudah sangat matang dan tinggal pada tahap pelaksanaan. Nanti kita mulai pemberangkatan haji dari Banten, persiapannya sudah matang. Insya Allah sudah full, sudah ready. Kloter pertama Banten itu dari Kota Tangerang,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here