Home TANGERANG HUB CJH Tangsel Mulai Terbang Pekan Depan

CJH Tangsel Mulai Terbang Pekan Depan

0
SHARE
PELEPASAN CJH: Ratusan calon jemaah haji asal Kota Tangsel berkumpul di Lapangan Cilenggang, Serpong, saat pelepasan oleh Walikota, beberapa waktu lalu. FOTO: Dok. Tangerang Ekspres

SERPONG-Sebanyak 1.023 calon jamaah haji (CJH) 2019 Kota Tangsel akan mulai diterbangkan ke Tanah Suci Mekah mulai 16 Juli mendatang. Mereka akan dibagi dalam empat kelompok terbang (kloter), yakni 15,18, 41 dan 55.

Jumlah calon jamaah haji asal Tangsel tahun ini meningkat dibanding tahun lalu yang hanya 927 orang. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangsel Abdul Rojak mengatakan, jamaah yang akan berangkat ke tanah suci akan terbagi menjadi empat kloter dengan jumlah 1.023 orang.

“Kuota ini berdasarkan rumus yang sudah ditentukan dengan jumlah penduduk muslim di Kota Tangsel. Calon jamaah haji diberangkatkan dalam empat kloter, yakni 15, 18, 44 dan 55,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Senin (8/7).

Sementara itu, Kepala Seksie Pelayanan Haji dan Umroh pada Kemenag Kota Tangsel Ade Sihabudin mengatakan, kloter 15 akan menjadi kloter pertama akan berangkat dari Tangsel pada 16 Juli 2019 mendatang. “Ada 393 jamaah yang akan berangkat dan pemberangkatan di lepas Waliko Tangsel Airin Rachmi Diant di Pusat Pemerintahan Kota Tangsel, Serua, Ciputat,” ujarnya.

Ade menambahkan, kloter 18 atau kedua dari Tangsel ada 385 jamaah akan diberangkatkan 16 Juli sore. Kloter 41 atau ketiga sebanyak 124 jamaah akan diberangkatkan 25 Juli. Sedangkan kloter terakhir atau 55 ada 129 jamaah akan diberangkatkan 31 Juli.

“Setelah pelepasan dari Balai Kota Tangsel, jamaah diberangkatkan menuju ke Asrama Haji Pondok Gede kemudian sebelum diterbangkan ke Mekah. Insya Allah 16 Juli akan dilepas Walikota Tangsel,” tambahnya.

Masih menurutnya, pemberangkatan calon jamaah haji akan dipusatkan disatu tempat, yakni Balai Kota. Hal ini dilakukan karena dirasa lebih baik dan praktis dan tidak mengganggu arus lalu lintas. Pasalnya, di Balai Kota terdapat gedung parkir yang bisa menanpung kendaraan pengantar jamaah.

“Tahun lalu kita memberangkatkan calon jaamah haji dari Yon Kavelari Serpong dan beberapa lokasi lainnya,” jelasnya.

Ade menuturkan, nantinya setiap kloter nantinya jamaah haji akan didampingi oleh 9 petugas. Mereka berasal dari Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), dan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

“Petugas ini untuk memberikan pelayanan terbaik pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini,” tutupnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here