Home BANTEN Rp1,6 M untuk Perbaiki Jembatan Gantung Pasar Lama

Rp1,6 M untuk Perbaiki Jembatan Gantung Pasar Lama

0
SHARE
BERBAHAYA: Dua anak bermain di Jembatan Pasar Lama rusak yang menghubungkan Kampung Pasar, Kelurahan Kota Baru dan Pekarungan, Kelurahan Kagungan, Kecamatan Serang, Kota Serang, Senin (8/7). FOTO: Herlin Saputra/Banten Ekspres

SERANG – Jembatan gantung yang menghubungkan Kampung Pasar, Kelurahan Kota Baru dan Kampung Pekarungan Kelurahan Kagungan, Kecamatan Serang, Kota Serang yang rusak dikerjakan Juli ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Serang M Ridwan mengatakan pihaknya sudah melakukan pengecekan. “Kemarin sudah dicek. Sudah akan mulai dikerjakan nanti, di bulan Juli ini,” katanya saat dihubungi wartawan melalui sambung telepon selulernya, Senin (8/7).

Menurut dia, perbaikan jembatan gantung itu akan dilakukan seperti keadaan semula. “Rencananya juga akan kami buat sama seperti semula sekitar 1,5 meter untuk lebar jembatannya. Seperti di awal lagi saja,” ujarnya.

Meski begitu, kata Ridwan, pembangunan jembatan itu diserahkan kepada masyarakat. Apabila mereka menginginkan jembatan itu lebih lebar lagi, pihaknya akan menambah ukuran. “Bergantung masyarakatnya, tapi saya rasa mereka maunya seperti semula lagi, dengan lebar dan model jembatan gantung. Paling nanti diganti saling dan lantainya. Kalau sebelumnya kan kayu, nanti diganti dengan besi plat,” ujarnya.

Untuk pengerjaan perbaikan jembatan tersebut, pihaknya membutuhkan waktu tiga sampai empat bulan, dengan total anggaran sekitar Rp 1,6 miliar.  “Anggaran sekitar Rp 1,6 miliar, lama pengerjaan sesuai dengan perencanaan itu sekitar 120 hari kerja,” katanya.

Sementara, seorang warga Pasar Lama, Maman (45) mengatakan sebelumnya Pemkot Serang menjanjikan perbaikan tersebut dilakukan sebelum lebaran. “Bilangnya sebelum lebaran mau diperbaiki, terus bilang lagi katanya abis lebaran ini. Tapi sampai sekarang belum, cuma emang ada yang ke sini ngecek jembatan,” ucapnya.

Sebelumnya, jembatan gantung yang menghubungkan dua kampung tersebut mengalami kemiringan akibat dua slingnya putus. Akibatnya orang-orang yang berada di atas jembatan itu ikut terjatuh. (mg-04/tnt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here