Home TANGERANG HUB HUT Bhayangkara di Lapangan Batu Nunggul, Sukatani, Rajeg, Sediakan Banyak Hadiah Untuk...

HUT Bhayangkara di Lapangan Batu Nunggul, Sukatani, Rajeg, Sediakan Banyak Hadiah Untuk Masyarakat

0
SHARE
Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sabilul Alif (lima dari kanan) memberikan santunan dalam memperingati HUT Bhayangkara ke 73.

Hari ini, Polresta Tangerang akan menggelar puncak acara peringatan HUT Bhayangkara ke-73 di lapangan Batu Nunggul, Kelurahan Sukatani, Kecamatan Rajeg. Hari Bhayangkara yang diperingati setiap 1 Juli ini, sudah diisi dengan berbagai kegiatan sebelumnya. Polda Banten menggelar Festival Damai dan Deklarasi Kebhinekaan di Alun-Alun Tigaraksa, Puspemkab Tangerang, Minggu (23/6). Acara itu dihadiri sekitar 65 ribu orang.

Menyongsong hari Bhayangkara, Polresta Tangerang sudah melakukan kegiatan sosial. Seluruh Polsek sudah menggelar bakti sosial sejak 19 Juni lalu. Bakti sosial religi misalnya, para anggota polres membersihkan Masjid Al-Amjad. “Bakti sosial ini adalah bentuk kepedulian Polri terhadap kebersihan lingkungan terutama di tempat-tempat ibadah,” kata Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sabilul Alif.

Pada kegiatan bakti religi itu, anggota Polresta Tangerang membawa perlengkapan kebersihan berupa sapu, alat pengepel lantai, pengki, dan alat lainya. Sabilul berharap, kegiatan itu dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga anggota dapat terus berbaur dengan masyarakat. Tidak hanya bersih-bersih tempat ibadah, ratusan anggota Polresta Tangerang juga menggelar aksi donor darah di Rupatama, Polresta Tangerang, Rabu (26/6). Sabilul mengatakan, kegiatan sosial kemanusiaan merupakan agenda dalam menyambut Hari Bhayangkara.

Sabilul menambahkan, kegiatan donor darah diikuti sedikitnya 500 anggota Polres Kota Tangerang. Menurutnya, tidak semua anggota dapat melaksanakan donor darah. Hal itu, kata dia, bergantung pada kelayakan atau kondisi fisik kesehatan anggota. “Anggota yang mau donor sebelumnya diperiksa kesehatan, bila layak maka bisa donor darah,” ujarnya.

Dia menerangkan, kegiatan donor darah itu bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang. Donor darah, kata dia, dilaksanakan dengan dasar agar anggota Polres Kota Tangerang dapat memberikan sumbangsih dalam hal kebutuhan pasokan darah. Selain kegiatan kemasyarakatan, peringatan Hari Bhayangkara ke-73 juga diisi kegiatan menjenguk anggota Polsek Balaraja Aiptu Akhmad Ado di Desa Parahu, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang. “Aiptu Akhmad Ado saat ini sedang berjuang melawan penyakit stroke yang dideritanya,” ujar Sabilul.

Usai menjenguk Aiptu Akhmad Ado, kata Sabilul, dilanjutkan beranjangsana ke kediaman Pelda Hasan Basri di Kampung Kresek, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang. Pelda Hasan Basri adalah purnawirawan Polri. Dikatakan Sabilul, silaturahmi itu merupakan bentuk kepedulian, dukungan moril, serta penghargaan bagi anggota Polri baik yang masih aktif ataupun sudah pensiun. “Dengan kegiatan itu diharapkan, ikatan kekerabatan keluarga besar Polri semakin kuat,” kata dia.

Sabilul menyampaikan, secara nasional upacara Hari Bhayangkara ke-73 digelar Rabu (10/7). Polresta Tangerang, melaksanakan upacara di Lapangan Batu Nunggul, Kelurahan Sukatani, Kecamatan Rajeg. Pemilihan tempat, kata Sabilul, diupayakan yang dapat dijangkau oleh masyarakat. “Karena tujuannya mendekatkan diri dengan masyarakat,” ucapnya.

Sabilul menyampaikan, untuk kelancaran kegiatan, telah dilaksanakan doa dan pengajian bersama masyarakat yang diselenggarakan di lokasi upacara. Kegiatan itu turut dihadiri tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat. Ratusan santri dan masyarakat sekitar pun nampak hadir pada kegiatan yang ditutup dengan makan bersama itu.

Sabilul mengatakan, kegiatan doa dan pengajian merupakan momentum introspseksi khususnya bagi anggota Polresta Tangerang. Menurutnya, harus disadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dalam aspek pelayanan kepada masyarakat. Dengan berdoa, kata dia, diharapkan anggota Polresta Tangerang diberikan kekuatan dan ketulusan tekad untuk bersungguh-sungguh melaksanakan tugas pengabdian.

“Ini momen kita untuk kembali merenungkan segala tugas yang kita emban,” ujarnya. Sabilul mengatakan, guna menyemarakkan acara, disediakan 5 panjat pinang. Kelima panjat pinang itu, lanjut dia, diisi berbagai macam hadiah. “Nanti masyarakat yang akan meramaikan lomba panjat pinang,” kata Sabilul. Sabilul juga menyampaikan, kegiatan peringatan Hari Bhayangkara terbuka untuk semua lapisan masyarakat. Kata dia, masyarakat dipersilakan datang mengikuti setiap rangkaian kegiatan. “Siapa tahu beruntung bisa dapat hadiah,” tukasnya. (ski)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here