Beranda TANGERANG HUB Pemkab Segera Mutasi Pejabat

Pemkab Segera Mutasi Pejabat

0
BERBAGI
APEL: ASN dilingkungan Pemkab Tangerang mengikuti apel pagi rutin setiap Senin di Lapangan Maulana Yudha Negara, Puspemkab Tangerang. FOTO: Dok. Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Mutasi dan rotasi menjadi esselon IV dan III pembicaraan hangat Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Tangerang. Pasalnya proses tersebut diperkirakan akan dilakukan pada pekan depan. Adapaun proses mutasi esselon II masih menunggu rekomendasi panitia seleksi (pansel) yang baru saja diajukan pemkab pekan lalu.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tangerang, Ahmad Surya Wijaya mengatakan, dirinya hanya melaporkan jumlah ASN yang akan pensiun dan memiliki jabatan. Ia mengungkapkan setiap bulan sebanyak 40 ASN yang pensiun di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tentunya diluar tenaga pengajar.

“Saya tidak pernah mengusulkan untuk mutasi dan rotasi karena bukan tugas saya. Saya hanya menyampaikan jumlah pegawai yang pensiun kepada Bupati. Usai melaporkan, saya diperintahkan Bupati segera menyusun untuk rotasi dan mutasi,” katanya, kepada Tangerang Ekspres saat ditemui di ruangnnya, kemarin.

Surya melanjutkan, dirinya melaporkan daftar nama pejabat esselon III dan IV yang sudah pensiun, serta daftar nama yang sudah memenuhi syarata untuk menggantikannya. Hal ini dilakukannya usai mendapatkan perintah dari Bupati Tangerang. “Sudah ada perintah, baru saya menyampaikan yang kosong sekian, dan ini orang-orang yang sudah bisa dirotasi dan mutasi,” lanjutnya.

Hanya saja, Surya tidak menyebutkan angka pasti jumlah pejabat esselon III dan IV yang akan dirotasi dan mutasi. Ia hanya menyebutkan kemungkinan adanya kenaikan dan penahannan jabatan saat mutasi dan rotasi pegawai serta pejabat esselon.

“Sekitar 60 orang yang pensiun dan memiliki jabatan untuk rotasi dan mutasi. Jumlahnya bisa lebih karena ada efek domino. Bisa saja dua kali lipat semua kewenangan bukan di saya, itu semua ada pada Bupati. Dan terjadi di seluruh kecamatan, kelurahan, dinas, rumah sakit dan puskesmas kecuali guru,” jelasnya.

Tidak adanya jumlah pasti pejabat dan pegawai yang akan dirotasi membuat obrolan antar ASN di lingkungan Pemkab Tangerang makin santer. Apalagi setelah adanya kabar proses mutasi dan rotasi dilakukan pada pekan ini. Namun Surya enggan menanggapi waktu pelaksanaan rotasi dan mutasi dimana ia mengungkapkan tugasnya hanya menyerahkan data pegawai.

“Tunggu saja itu ada kewenangan pimpinan. Itu rahasia Bupati yang jelas Bupati bisa melakukan rotasi dan mutasi setelah enam bulan dari pelantikan. Beliau yang tahu kita sudah menyerahkan datanya,” ungkapnya.

Adapun proses mutasi dan rotasi untuk pejabat esselon II tertunda lantaran salah satu anggota pansel dari akademisi meninggal dunia. Karenanya pemkab kembali menyurati Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) perihal perubahan nama pansel. “Kita mengusulkan pengganti karena salah satu anggota pansel meninggal dunia atas nama Badawi dari UMT karenanya belum bisa dilaksanakan,” terang Surya.

Adapun pejabat esselon II yang akan dirotasi diantaranya sudah menjabat lebih dari dua tahun sejak menerima surat keputusan (SK). Adapun jumlah OPD yang akan dirotasi sebanyak 23 dinas dari 27 dinas. Adapaun empat kepala dinas tidak bisa dilakukan rotasi disebabkan belum menjabat lebih dari dua tahun.

“Lima kepala OPD tidak ada definitif karena pensiun. Sisanya sebanyak 23 dari 27 OPD dirotasi. Nanti kalau sudah rotasi pejabat esselon II baru dilakukan lelang jabatan di lima OPD bisa dinas yang sekarang kosong atau dinas lain,” paparnya.

Menanggapi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Barhum mengatakan, dirinya berharap adanya inovasi yang dilakukan pejabat baru hasil rotasi dan mutasi pejabat esselon. Selain itu, Barhum mengungkapkan pemkab selektif dalam penempatan pejabat baru.

“Rotasi pejabat harus sesuai dengan kompetensinya dan berintegritas tinggi serta berdidikasi. Agar semua kebijakan kepala daerah dalam bentuk program dan kegiatan dapat berjalan efektif dan optimal di setiap OPD,” tukasnya. (mg-10/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here