Home PENDIDIKAN PKM STIMIK Eresha Pamulang Mengenalkan Dasar Jaringan Komputer

PKM STIMIK Eresha Pamulang Mengenalkan Dasar Jaringan Komputer

0
SHARE
PEMAPARAN: Mahasiswa STIMIK Eresha Pamulang, Kota Tangsel, melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di MTs Mathla'ul Anwar, Tangsel, belum lama ini. FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

TANGSEL – Mahasiswa STIMIK Eresha Pamulang, Kota Tangel mengenalkan dasar-dasar jaringan komputer kepada MTs Mathla’ul Anwar, Kota Tangsel pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).  Para pelajar yang berbasis kepada pendidikan agama tersebut, begitu antusias saat mereka diberikan materi seperti, membuat kabel UTP, mengatur Access poin, dan cara membuat koneksi.

Roy Mubarak, M.KOM, dosen pendamping PKM STIMIK Eresha Pamulang, memaparkan, perkembangan teknologi komputer meningkat dengan cepat, hal ini terlihat pada era tahun 1980. Dimana jaringan komputer masih merupakan teka-teki yang ingin dijawab oleh semua kalangan. Memasuki, tahun 1988 komputer mulai digunakan di sekolah-sekolah, universitas atau perusahaan-perusahaan.

Lebih lanjut Roy memaparkan, tiga abad sebelum sekarang, masing-masing ditandai dengan dominasi yang berbeda. Abad ke-18 didominasi oleh perkembangan sistem mekanik yang mengiringi revolusi industri. Abad ke-19 merupakan jaman mesin uap, Abad ke-20, teknologi radio, tv, dan komputer memegang peranan media distribusi informasi.

Sedangkan, pada abad ke-21 saat ini atau era informasi, dimana teknologi jaringan komputer global mampu menjangkau seluruh wilayah dunia. Pengembangan sistem dan teknologi yang digunakan, penyebaran informasi melalui media internet, peluncuran satelit-satelit komunikasi dan perangkat komunikasi wireless atau selular menandai awal abad millenium.

“Jangan sampai para pelajar tidak paham dengan teknologi komputer. Sudah seharusnya para siswa di sekolah beradapatasi dengan teknologi komputer, agar bisa mengikuti dan memahami dunia digital,” terang  Roy, saat memberikan pemaparannya.

Sementara itu, Ketua LPPM STIMIK STIMIK Eresha Pamulang Abu Khalid  Rivai, menjelaskan, menggerakkan mahasiswa STIMIK Eresha Pamulang Magister Komputer, melakukan PKM, dengan cara memperkenalkan dasar dasar jaringan komputer.

Ia mengungkapkan, bahwa pengenalan dasar jaringan komputer ini sangat berguna bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan hingga jenjang perkuliahan nanti, terutama yang ingin mengambil jurusan Teknik Informatika.

“PKM merupakan bentuk dari pengabdian kepada masyarakat sebagai Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tegas Abu.

Ketua kelompok PKM STIMIK Eresha Pamulang, Edi Sofyan, mengungkapkan, minat pelajar MTs Mathla’ul Anwar pada teknologi sangat tinggi. Mereka begitu antusias bertanya tentang jaringan komputer.

“Siswa terlihat antusias untuk mengikuti PKM tersebut, sebagian dari mereka bertanya mengenai materi yang disampaikan oleh rekan-rekan kami,” ujar Edi. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here