Home NASIONAL Garuda Indonesia dan Youtuber Rius Berdamai

Garuda Indonesia dan Youtuber Rius Berdamai

0
SHARE
Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga) bersama Youtuber, Rius Vernandes dan Hotman Paris Hutapea berdamai terkait kasus menu makanan pesawat Garuda Indonesia yang diunggah di Youtube, di Jakarta, Jumat (19/7). FOTO: Diana Sumolang

JAKARTA – Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara bersama pengacara, Hotman Paris Hutapea menjadi juru damai dalam kasus menu makanan yang diunggah Youtuber Rius Vernandes. Pihak garuda mencabut laporan yang sempat dilayang di Polres Bandara Soekarno-Hatta.

“Kami dari pimpinan Garuda Indonesia memastikan serikat pekerja untuk mencabut laporan polisi atas unggahan mas Rius,” ujar Ari di Jakarta, kemarin (19/7). Ari mengajak agar kedepannya semua ikut membangun dan menjaga, karena Garuda Indonesia sebagai aset dan kebanggaan bangsa Indonesia. “Mudah-mudahan ini menjadi satu momentum, negara ini butuh persatuan dan kita semua harus bekerja untuk menjaga kesatuan dari semua perbedaan,” kata Ari.

Sementara Rius mengaku senang kasus ini tidak dilanjutkan ke ranah hukum. Dia pun berjanji masih setia terbang bersama maskapai pelat merah itu. “Saya berterima kasih kepada semua pihak Garuda, akhirnya menyelesaikan masalah ini secara kekeluargaan, dan pastinya masa lalu sudah kita lupakan dan kita sudah saling memaafkan. Kedepannya saya akan terus terbang bersama Garuda, pastinya,” ujar Rius.

Hotman Paris yang diminta oleh Garuda menjadi juru damai menyatakan senang jika kasus tersebut diselesaikan secara kekeluargaan. “Kemarin saya diundang Garuda, untuk persoalan ini, saya memilih menjadi juru damai. Honor nanti nanti saja, kalau pengacara lain kan langsung gugat,” ucapnya berseloroh.

Kasus ini juga membuat Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi sebelumnya angkat bicara. Dia meminta antara pihak Garuda dan Rius agar berdamai. Sebab jangan sampai terjadi kontraproduktif antara konsumen dan Garuda. “Jangan langsung ke pidana. Karena hal ini kontra produktif baik bagi konsumen maupun pihak Garuda sendiri,” kata Tulus kepada Fajar Indonesia (FIN), kemarin (18/7).

Dia juga meminta agar masyarakat konsumen jangan terlalu gampang men-share suatu foto/video/narasi ke media sosial atau media online lainnya karena potensi terjerat pasal di UU ITE sangat besar. Seperti diberitakan, Youtuber Rius Vernandes memposting foto menu makanan berlabel kertas tulisan tangan pilihan makanan di kelas bisnis penerbangan pesawat Garuda dari Sidney-Jakarta.

Postingan itu pun menghebohkan dunia maya. Merasa dirugikan dengan postingan itu, Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga) kemudian melaporkan Youtuber Rius Vernandes atas dugaan UU ITE.(ds/din/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here