Home TANGERANG HUB Emak-emak Kompak Bangun Jalan Beton, TMMD ke-105 Tahun 2019

Emak-emak Kompak Bangun Jalan Beton, TMMD ke-105 Tahun 2019

0
SHARE
MEMBANTU: Sejumlah emak-emak ikut membantu pembangunan jalan beton di Desa Klutuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang. FOTO: Zakky Adnan/Tangerang Ekspres

KRONJO – Emak-emak ikut berpartisipasi membangun jalan beton di Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, kemarin. Mereka membaur bersama personel satuan tugas (satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kronjo, Kodim 0510/Tigaraksa.

Samsyiah, salah satu warga mengatakan, dia ikut membantu proses pembangnan jalan beton karena merasa tergerak untuk bergotong royong bersama sejumlah personil satgas TMMD di Desa Blukbuk.

“Enggak enak kalau hanya jadi penonton, mending ikut bantu. Lagipula, nanti jalan yang terbangun akan dimanfaatkan untuk warga juga. Masa buat kepentingan bersama pelit dengan tenaga,” ucap Samsiyah, kepada wartawan.

Lebih lanjut, dikatakan Samsiyah, pihaknya dirasakan harus ikut membantu proses pembangunan jalan betonisasi karena jalan yang dibangun untuk kepentingan warga setempat. “Jalan ini kan buat kami, nah sudah sewajarnya kami ikut membantu dalam proses pembangunan jalan,” ucapnya.

Senada dengan Samsiyah,  Kasminah, seorang warga juga merasa gembira dapat ikut terlibat dalam proses pembangunan jalan beton. Ia ingin menjadi bagian dari satgas TMMD ke-105 berjibaku membangun jalan desa setiap hari.   “Kalau diem aja namanya terlalu, enggak punya perasaan,” kelakar Samsiyah.

Lebih lanjut Samsiyah memaparkan, meski ia dan beberapa ibu-ibu rumahtangga lainnya tidak mendapatkan upah saat membantu personil TNI, namun mereka tidak mempermasalahkannya. Karena tujuan mereka adalah membantu bukan untuk mencari uang.

Selain itu, tidak hanya membantu secara tenaga, beberapa warga lainnya juga menyediakan makanan ringan seperti goreng pisang dan ubi, serta air mineral untuk kebutuhan personil TNI yang sedang membangun jalan beton.

“Warga juga menyediakan air minum dan makanan ringan untuk personil TNI. Kalau mereka lelah, sambil istirahat bisa sambil minum dan menyantap goreng pisang. Ini kami berikan secara sukarela untuk bapak TNI,” ucap Samsiyah.

Sementara itu, Letkol Inf Parada Warta Nsuantara Tampubolon, Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0510/Tigaraksa mengapresiasi, antusias emak-emak yang membantu proses pembangunan jalan beton di Desa Blukbuk yang dilaksanakan personilnya.

“Walaupun pekerjaan pengecoran identik dengan pekerjaan kasar yang menjadi perkerjaan laki-laki. Namun, saat ini emak-emak tergerak ikut membantu. Saya ancungi jempol partisipasi aktif mereka,” pungkasnya. (zky/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here