Home OLAHRAGA HONDA DBL 2019 Dimulai, 100 Laga dari Aceh sampai Papua

HONDA DBL 2019 Dimulai, 100 Laga dari Aceh sampai Papua

0
SHARE
BERSAMA PARA ALUMNI: Azrul Ananda bersama para All Star alumni DBL saat Launching Hinda DBL 2019 di CGV Rumah Kreasi, FX Sudirman, Jakarta pada Selasa (23/7). FOTO: Syaiful Amri/FIN

JAKARTA-Liga basket pelajar terbesar Indonesia Honda Developmental Basketball League (DBL) segera dimulai. Musim 2019 akan digelar pada 26 Juli mendatang. Laga perdana seri Sumatera Barat dimulai di Padang, Kalimantan Timur di Samarinda, dan Kalimatan Selatan di Banjarmasin dan terus berlanjut di 30 kota, 22 provinsi. Pada musim ke-16 ini, DBL Indonesia selaku penyelenggara meluncurkan DBL Play. Aplikasi yang akan menjadi panggung bagi seluruh anak muda Indonesia untuk unjuk gigi. Dari DBL Indonesia inilah, Annisa Widyarni, alumni SMA Al Azhar BSD, Kota Tangsel yang masuk Honda DBL All-Star 2012, kini lolos 15 besar seleksi masuk timnas basket putri proyeksi Sea Games 2019.

CEO dan Founder DBL Indonesia Azrul Ananda mengutarakan peluncuran DBL Play adalah bagian komitmen perusahaan untuk terus mengembangkan partisipasi anak muda di basket. “Prinsip kami konsisten. Bila kami terus mengembangkan partisipasi, maka partisipasi akan membiayai prestasi. Dan DBL Play akan menjadi platform untuk memperluas partisipasi anak muda di DBL,” jelas Azrul dalam peluncuran Honda DBL 2019 di kawasan Senayan, Jakarta, kemarin (23/7).

SIMBOLIS: Founder and CEO DBL Indonesai Azrul Ananda (kiri) memberikan jersey kepada Andy Wijaya selaku Deputy General Manager Marketing PT Astra Honda Motor.

Tidak tanggung-tanggung, di tahun awal peluncurannya, DBL Play akan langsung menyajikan ribuan konten yang membahas 1.400 lebih pertandingan Honda DBL dari Aceh sampai Papua. Ini termasuk ratusan pertandingan pilihan yang akan ditayangkan via live streaming, ribuan berita dan feature dari setiap tim, sekolah, serta setiap pertandingan. Juga konten-konten feature basket dan hiburan. “Honda DBL adalah panggung untuk anak Indonesia, membuktikan kemampuan. DBL Play adalah panggung bagi mereka untuk berbagi se-Indonesia,” ujar Azrul Ananda.

Sekarang, siapapun bisa mengikuti langsung perkembangan basket di penjuru tanah air. Ada 100 live streaming dari Aceh sampai Papua. Bagi yang ingin belajar teknik basket, semua dibahas dengan cara fun di DBL Play. Buat yang butuh konten hiburan, DBL Play punya program DBL Bajak Sekolah bersama Augie Fantinus. “Setiap sekolah peserta, setiap pertandingan, pasti ada berita dan fotonya. Semua juga bisa berbagi pandangan lewat kolom opini. Semua bisa diakses dari genggaman ponsel,” kata Azrul.

Astra Honda Motor (AHM) selaku mitra utama penyelenggaraan liga ikut senang dengan peluncuran DBL Play. “Sudah lebih dari satu dekade Honda menjadi saksi perkembangan Honda DBL di seluruh Indonesia. Ada begitu banyak cerita positif, inspiratif, bagaimana anak muda Indonesia mengejar impian. Dan sekarang DBL Play akan bisa menjadi motor bagi cerita-cerita positif itu agar bisa menggerakkan anak-anak muda Indonesia yang lain mengejar impiannya,” papar Andy Wijaya, Deputy General Manager PT. Astra Honda Motor.

Nantinya, Honda juga akan ikut berkontribusi menyajikan konten-konten yang menarik dan menginspirasi. “Honda senantiasa berbagi misi masa depan yang menginspirasi masyarakat Indonesia agar berani bermimpi. Sehingga memberikan semangat untuk hidup lebih baik. Inilah semangat One Heart,” ujar Andi. “Seperti apa konten yang akan kami sajikan, tunggu notifikasinya muncul di DBL Play,” tambahnya.

Selain terus dekat dengan kebutuhan anak muda lewat aplikasi, DBL Indonesia juga memperluas partisipasi dengan melakukan roadshow ke lebih dari 750 sekolah. “Kami yakin bahwa anak muda sebagai pemimpin masa depan harus terus menjaga kesehatan. Lewat basket, kami ingin mengajak mereka bergerak dan olahraga dengan cara yang fun,” ujar Masany Audri, Direktur DBL Indonesia. “Tahun ini, kami berupaya bisa menjangkau lebih dari satu juta anak muda, lewat program roadshow berkonsep student athlete ini saja,” tambahnya.

Honda DBL memang terus mengembangkan konsep student athlete. Karenanya, liga ini melarang kerjasama dengan mitra dari rokok, minuman beralkohol, dan minuman energi. Tahun ini, selain Honda (AHM). DBL Indonesia juga bekerjasama dengan UBS Gold (PT Untung Bersama Sejahtera) melahirkan kompetisi dance terbesar di Indonesia, juga dengan Toracafe (PT.Torabika Eka Semesta), Teh Botol Sosro (PT. Sinar Sostro), Honda Mobil (PT. Honda Prospect Motor), serta official supplier Ultramilk (PT. Ultrajaya Milk Industri), Ardiles (PT. Wangta Agung), Proteam (PT. Inkor Bola Pacific), dan ViCee (PT. Darya Varia Laboratoria Tbk).

Seperti pemaparan Azrul, bahwa partisipasi akan membiayai prestasi, pada 2019. Pemain-pemain alumni liga-liga DBL Indonesia kembali mendominasi seleksi timnas putra proyeksi SEA Games 2019 Filipina dan FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers. Nah, dari 54 pemain yang dipanggil, sebanyak 28 orang tercatat alumni DBL. Begitu juga di timnas putri yang saat ini tahapan seleksi telah mengerucut ke 15 pemain. Dari jumlah itu, 9 pemain adalah alumni liga di DBL Indonesia.

Salah satunya adalah Rivaldo Tandra Pangestio merupakan Honda DBL All-Star 2012 dan 2013. Alumni SMA Santu Petrus Pontianak itu mengakui Honda DBL sangat berpengaruh besar untuk karier basketnya. “Saya sendiri dari kota kecil. Kita tahu kota kecil kurang dilihat. Namun berkat DBL saya membuktikan bisa berkiprah hingga level internasional,” ujar pemain yang sempat menempati ranking satu di Indonesia FIBA 3X3. (ful/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here