Beranda OLAHRAGA Jepang Open 2019, Anthony Melawan Kento

Jepang Open 2019, Anthony Melawan Kento

0
BERBAGI
Anthony Sinisuka Ginting

TOKYO – Nasib berbeda diterima wakil Indonesia pada sektor tunggal putra dan putri di Japan Open 2019. Pada nomor tunggal putri, Indonesia sudah tak memiliki wakil di babak perempatfinal. Berbeda dengan tunggal putra yang seluruh wakil lolos ke babak delapan besar tersebut. Kepastian habisnya wakil Indonesia di sektor tunggal putri terjadi pada pertandingan babak kedua yang berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Kamis (25/7) kemarin.

Ketiga wakil Indonesia dari sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie dan Tommy Sugiarto berhasil lolos ke babak perempatfinal. Tommy menjadi wakil tunggal putra pertama yang lolos. Anak dari mantan pebulutangkis nasional era 80-an, Icuk Sugiarto itu berhasil melangkah ke perempatfinal usai menyingkirkan wakil asal Hongkong, Wong Wing Ki Vincent. Bertanding di tempat yang sama, Tommy berhasil mengalahkan Wong dalam dua set langsung, dengan skor 21-16 dan 21-17. Pertandingan kedua pemain ini sendiri berlangsung selama 45 menit.

Di babak perempatfinal, Tommy akan bertemu dengan wakil India, Sai Praneeth B. Melihat dari rekor pertemuannya, Tommy unggul 2-1 atas Sai. Akan tetapi, di pertemuan terakhir pada ajang Australian Open 2017 lalu, Tommy kalah oleh Sai lewat pertarungan rubber game, dengan skor 21-10, 12-21 dan 10-21. Anthony lolos ke babak perempatfinal usai menyingkirkan Thammasin Sitthikom. Ia harus bersusah payah menyingkirkan Thammasin. Sebab, dia dipaksa bermain rubber game dengan tempo waktu 65 menit sebelum akhirnya menang dengan skor 20-22, 21-17 dan 21-6 atas wakil Thailand tersebut.

Anthony mengaku kekalahannya di set pertama lantaran dirinya belum bisa langsung in saat menjalani pertandingan. Namun, di game kedua Anthony memanfaatkan kondisi staminal lawan yang mulai menurun dengan bermain tempo lebih cepat. “Di game pertama, feeling pergerakan dan pukulan saya nggak bisa langsung dapet. Saya sudah main menyerang seperti tipe main saya, tapi nggak bisa in juga,” tutur Anthony.

Di perempatfinal Anthony sudah ditunggu lawan tangguh yakni, Kento Momota, pebulutangkis nomor satu dunia asal tuan rumah. Pertandingan akan dihelat hari ini, Jumat (26/7). Anthony sendiri sudah delapan kali kalah dari Momota dari 11 kali pertemuan sebelumnya. Di pertandingan terakhir, Anthony kalah dari Momota dua game langsung, dengan skor 17-21 dan 19-21 pada ajang Sudirman Cup 2019.

“Saya tidak berpikir akan ketemu Kento dari awal. Karena lawan saya di babak pertama dan kedua juga tidak mudah. Jadi fokusnya ke pertandingan hari itu saja, bukan ke pertandingan besok-besoknya. Sama saja kalau ketemu Kento, sama-sama tidak mudah dikalahkan,” tuntasnya.

Jonatan usai mengalahkan wakil Hongkong, Ng Ka Long Angus bakal berhadapan dengan Anders Antonsen. Meski dalam segi peringkat dunia, wakil Denmark itu masih di bawah Jonatan dua tangga. Dengan Jonatan menempati peringkat ketujuh dan Antonsen posisi sembilan, namun sang lawan nampaknya dalam performa baik belakangan ini. Pasalnya, dalam ajang Indonesia Open 2019 lalu, Antonsen merupakan runner up di nomor tunggal putra. Bahkan, Jonatan pernah dikalahkan Antonsen pada Indonesia Masters 2019 dalam dua game langsung, dengan skor 18-21 dan 16-21.

Di sektor ganda, pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, kalah dari ganda Korea Selatan, Ko Sung-hyun/Shin Baek Cheol, 21-11, 12-21, 18-21. Indonesia masih meloloskan lima wakil dari sektor ganda. Yakni, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Di perempat final, Marcus/Kevin akan berhadapan dengan ganda putra asal Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Greysia Polii/Apriyani Rahayu, melawan pasangan Korea Selatan, Kim So-yeong/Kong Hee-yong. Ahsan/Hendra akan menghadapi pasangan Korsel Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol. (gie/fin/wsa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here