Home PENDIDIKAN SDN Balaraja 1 Kecamatan Balaraja, Pertahankan Akreditasi A

SDN Balaraja 1 Kecamatan Balaraja, Pertahankan Akreditasi A

0
SHARE
PERIKSA BERKAS: Tim asesor (kiri), saat memeriksa berkas akreditasi yang mencakup delapan standar di SDN Balaraja 1, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Kamis (25/7). FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

BALARAJA – SDN Balaraja 1, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang kembali mengikuti akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M). Sekolah ini bakal mempertahankan tradisi akreditasi A yang selama ini mereka miliki.

Pada akreditasi tahun 2003 sekolah ini meraih nilai A, sedangkan akreditasi pada 2013 lagi-lagi sekolah ini meraih A. Target serupa dicanangkan pada 2019 ini, meraih akreditasi A.

Berbagai upaya persiapan secara maksimal dilakukan oleh SDN Balaraja 1 agar dapat mempertahankan status akreditasi A. Diantaranya menyiapan delapan standar pendidikan nasional yang sudah menjadi ketetapan dalam pelaksanaan akreditasi.

“Persiapan sudah kami lakukan sejak beberapa bulan yang lalu. Namun lebih fokusnya dilakukan sejak awal tahun ajaran baru,” ujar Ikah Nurmayanti, Kepala SDN Balaraja 1, saat ditemui disela penilaian akreditasi, Kamis (25/7).

Delapan standar tesebut yakni standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan.

“Delapan standar ini memang sudah kami laksanakan, dan saat ini kami hanya mengumpulkan bukti dan berkas yang sudah ada,” kata Ikah, sambil menunjukan beberapa berkas akreditasi.

Lebih lanjut Ikah memaparkan, ia maupun seluruh guru memiliki komitmen untuk mempertahankan akreditasi A. Keyakinan tersebut bukan tanpa alasan, mengingat sekolah yang memiliki program Kurasaki dan Adiwiyata ini telah menerapkan delapan standar pendidikan nasional dalam proses pembelajaran.

“Kami akan pertahankan akreditasi A yang dimiliki oleh SDN Balaraja 1 pada akreditasi tahun ini,” ujarnya.

Pada saat penyambutan dua asesor yang berasal dari Kota Tangsel, SDN Balaraja 1 menyuguhkan penampilan Polisi Cilik, kesenian Pencaksilat dan juga Pramuka. Kedua asesor dikalungkan sarung sebagai tanda selamat datang. “Ini hanya sambutan sederhana untuk menyambut kedatangan asesor,” ucap Ikah. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here