Home TANGERANG HUB DKM Diimbau Tak Pakai Plastik Saat Pendistribusian Daging Kurban

DKM Diimbau Tak Pakai Plastik Saat Pendistribusian Daging Kurban

424
0
SHARE

SERPONG-Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangsel mengimbau masjid-masjid dan masyarakat muslim untuk turut berkontribusi menjaga lingkungan hidup pada momen Hari Idul Adha 1440 hijriah. Salah satunya dengan menghindari pengemasan daging kurban dengan kantong plastik.

Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang juga Kepala Kantor Kemenag Agama Kota Tangsel Abdul Rojak mengatakan, dampak plastik memang sudah sedemikian rupa terutama di Tangsel.

MUI mendorong masyarakat, umat, untuk mengurangi penggunaan plastik. Walaupun memang tidak bisa sama sekali menghilangkan bungkus plastik,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Selasa (30/7).

Sementara itu, Ketua Komisi Penerapan Hukum dan Fatwa MUI Kota Tangsel Hasan Mustofi mengatakan, sosilisasi imbauan tidak menggunaan kantong plastik sudah disampaikan saat pelatihan pemotongan hewan. “Yang saya sampaikan agar bungkus daging diganti dari plastik menjadi besek,” ujarnya.

Hasan menambahkan, bila menggunakan besek yang bahanya dari bambu, maka dagingnya lebih higienis dan pemeliharaan keutuhan daging lebih baik. Tahun lalu tempat pemotongan hewan qurban di Tangsel sudah ada yang gunakan besek tapi, dianggap aneh. Ia berharap Dinas KP3 Kota Tangsel mulai mensosialisasian larangan penggunaan kantong plastik dan diganti dengan besek.

Kantong plastik merupakan jenis sampah yang membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai secara alamiah. Apalagi, kantong plastik kresek hitam yang merupakan hasil dari proses daur ulang plastik bekas pakai dan mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan.

“Kami mengimbau agar panitia qurban menggunakan wadah yang ramah lingkungan, salah satunya besek yang mudah dijumpai di Tangsel,” tambahnya.

Masih menurutnya, di makjlis talim ia juga menyampaikan imbauan tidak menggunakan kantong plastik. Besek diharapakan diikat menggunakan tali bambu dan jangan pakai tali rapia. Disamaping untuk mengurangi sampaah plastik juga untuk jaga keutuhan daging dan daging tetap higienis.

MUI Tangsel akan membuat dan edarkan surat imbauan tersebut dan adan diedarkan minggu depan. Surat imbauan akan dikirik ke masjid-masjid dan lembaga Dewan Kemakmuran Masjid (DKM). “Idul Adha masih beberapa hari lai, masih ada waktu yang cukup bagi panitia untuk mempersiapkannya dengan baik agar lebih thayib ibadah kurbannya,” tuturnya. (bud/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here