Beranda TANGERANG HUB Tukar Sampah Dapat Sembako

Tukar Sampah Dapat Sembako

0
BERBAGI
BERSIH: Pengunjung menukarkan sampah nonorganik di stand DLH. FOTO: Humas

Gelaran Festival Cisadane diisi dengan berbagai stand yang dihadirkan OPD yang ada di Pemerintah Kota Tangerang. Salah satunya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang menyuguhkan program tukar sampah nonorganik dengan sembako.

Kepala Bidang Kebersihan Buceu Gartina menjabarkan, mekanisme yang dilakukan sangat mudah. Masyarakat cukup membawa sampah nonorganik ke stand DLH untuk ditukar dengan sembako yang telah disediakan.

“Nanti sampah nonorganik ditimbang, lalu ditukar dengan sembako yang nominalnya setara. Misalnya minyak goreng ditukar dengan 2 Kg sampah nonorganik,” sambung Buceu.

Buceu menambahkan jenis sampah yang bisa ditukarkan dengan sembako di stand DLH antara lain koran bekas, kardus bekas, botol dan gelas plastik.

“Untuk sembakonya kami siapkan mie instant, susu, minyak goreng, tepung, beras dan kebutuhan lain,” terangnya.

“Tidak hanya sembako kami juga memberikan pilihan tukaran seperti bibit – bibit tanaman, pupuk, bebas masyarakat mau yang mana,” tambah Buceu.

Jumlah sampah nonorganik yang telah terkumpul hingga hari keenam gelaran Festival Cisadane 2019 sebanyak 2 Ton dari berbagai jenis sampah.

“Ini juga sebagai bentuk lain dari program sedekah sampah yang telah dijalankan oleh Pemkot,” tukas Kabid Kebersihan.

Perlu diketahui, Pemerintah Kota Tangerang dalam program ini bekerjasama dengan Baznas Kota Tangerang dan Komunitas pecinta lingkungan yang ada di Kota Tangerang. (hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here