Home BANTEN Bintang Sains Kecamatan Cimanuk: Kejutan, Siswi Kelas 3 Lolos ke Final

Bintang Sains Kecamatan Cimanuk: Kejutan, Siswi Kelas 3 Lolos ke Final

0
SHARE
Korwil Dindikbud Kecamatan Cimanuk Munawar, dua host,Ketua K3S Kecamatan Cimanuk Didi Supardi, dan Ketua PGRI Kecamatan Cimanuk Usin Kosasih berfoto bersama sepuluh finalis.

Kejutan terjadi pada gelaran Bintang Sains 2019 Pandeglang untuk Kecamatan Cimanuk, Jumat (9/8) pagi. Salah satu peserta yang masih duduk di bangku kelas III, yakni Tiara Nafiza dari SDN Cimanuk 3 lolos menjadi bagian dari sepuluh finalis.

Lomba masih digelar di gedung PGRI Kecamatan Majasari. Sebanyak 185 peserta yang mengikuti lomba dari 19 SD Negeri. Pertandingan dibagi dua sesi, sesi pertama 90 peserta, sesi kedua 95 peserta hingga menyisakan 76 peserta masuk babak penentuan. Peserta bersaing ketat selama lomba. Tiara, yang masuk duduk di bangku kelas III mampu bersaing dengan seniornya di ajang uji kemampuan matematika dan IPA itu, dimana peserta lomba rata-rata kelas V.

Tiara Nafiza, siswi kelas III menunjukkan sertifikat yang diraihnya

Anak tukang ayam potong itu, mampu menjawab soal demi soal yang dibacakan oleh host dan langsung menjadi bagian dari finalis bersama enam peserta lainnya. Host akhirnya harus mencari tiga peserta lainnya untuk bergabung dengan tujuh peserta lain yang sudah lebih dulu dipastikan lolos ke final.

Ketegangan tidak hanya terlihat dari peserta yang memperebutkan sisa jatah tiga finalis, melainkan juga guru pendamping dan rekan-rekan peserta yang menyaksikan jalannya lomba di tribun. Host mulai membacakan soal demi soal sampai tersisa tiga peserta untuk memenuhi jatah kuota finalis menjadi 10 peserta.

Salah satu peserta menangis bahagia setelah dinyatakan lolos sebagai finalis

Tiara mengaku senang dan tidak menyangka bisa menjadi bagian dari finalis. “Senang, enggak nyangka saja masih bertahan, sementara yang lain gugur,” ucap Tiara berlinang air mata.

Siti Nur Aila Azzahra, siswi SDN Kadumadang mengucapkan hal senada. Ia mengaku senang bisa lolos sebagai finalis. “Sebelum lomba saya sempat belajar, baca dua buku pelajaran,” ujar anak buruh tani itu.

Salah satu finalis yang mendapat ucapan selamat dari rekannya menangis

Korwil Kecamatan Cimanuk Munawar mengapresiasi event Bintang Sains yang dinilainya manjadi pemicu peningkatkan kemampuan siswa.

Kepala SDN Cimanuk 3 Nurhasanah mengaku bangga anak didiknya bisa menjadi bagian dari finalis. Ia berjanji, akan lebih optimal memberikan ilmu kepada semua siswa didiknya. “Kita akan terus berikan semangat, siswa dibimbing dengan baik, kemampuan siswa kita asah agar prestasinya meningkat,” katanya. (her/zai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here