Home BANTEN Warga Agusguntur Tertantang Bersihkan Kampung

Warga Agusguntur Tertantang Bersihkan Kampung

0
SHARE

TANARA – Bersih-bersih selokan. Kegiatan itu disepakati oleh pengurus RT 01 RW 01, Kampung Agusguntur, Desa Lempuyang, Kecamatan Tanara, sebagai langkah awal mengikuti Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

Mereka akan membersihkan selokan di sepanjang jalan perkampungan itu secara gotong royong. Mereka akan memfungsikan kembali selokan yang selama ini mampet.

Menurut Ketua RW 01, Kampung Agusguntur, Badroi, langkah awal persiapan mengikuti perlombaan karena pihaknya belum mendapat arahan dari Pemerintah Desa Lempuyang terkait konsep yang akan diterapkan oleh Agusguntur pada Kampung Bersih dan Aman. “Tapi, nanti kita inisiatif bersihin selokan dulu,” tegasnya kepada Radar Banten, Selasa (20/8).

Inisiatif itu, kata Badroi, karena selokan di sepanjang jalan perkampungannya sangat buruk. Dipenuhi sampah, bahkan sudah terlalu menumpuk sehingga ketika ada air tumpah ke jalan. Kampung Bersih dan Aman, diakuinya, menjadi motivasi pengurus RT, RW, dan warga Agusguntur untuk membersihkan selokan dan lingkungan mereka. “Kalau selokan sudah bersih, nanti tinggal dihias,” ujarnya.

Keputusan Pemerintah Desa Lempuyang menunjuk RW 01, Kampung Agusguntur, mengikuti Kampung Bersih dan Aman, lanjut Badroi, membuat dirinya dan warga tertantang dan bertanggung jawab terhadap keamanan dan kebersihan lingkungan kampung. “Saya bersama warga sangat semangat. Kita bakal buktikan kalau Kampung Agusguntur layak mendapat predikat kampung bersih dan aman,” tegasnya.

Namun, Badroi mengakui, Agusguntur belum bisa memenuhi empat persyaratan lomba yang bertujuan menciptakan kampung indah, bersih, dan aman tersebut. “Kita baru punya gardu (pos kamling-red),” akunya.

“Untuk pembuatan tempat sampah dan kelompok sadar hukum dan sadar lingkungan mah nanti dimusyarawarahkan lagi,” lanjut Badroi.

Rifai, warga Kampung Agusguntur, mengaku belum mengetahui jika kampungnya didaulat untuk mengikuti Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Kendati demikian, ia mendukung penuh kampungnya mengikuti perlombaan tersebut. Ia menyatakan kesiapannya bergotong royong.

“Atuh kalau diajak kerja bakti beresin kampungnya selalu siap,” tukasnya. (mg06/don/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here