Beranda TANGERANG HUB Puluhan Motor Terbakar

Puluhan Motor Terbakar

0
BERBAGI
TERBAKAR: Showroom sepeda motor Libra Motor di Kampung Babakan Tengah Rt 01/02, Kelurahan Babakan, Kecamatan Legok, terbakar dan menghanguskan 20 unit motor, Senin (26/8). FOTO: Asep Sunaryo/Tangerang Ekspres

LEGOK – Api membakar Libra Motor. Showroom sepeda motor itu berlokasi di Kampung Babakan Tengah RT01/02, Kelurahan Babakan, Kecamatan Legok, dilalap api sekira pukul 05.00 WIB, Senin (26/8). Sebanyak 20 sepeda motor gosong dilalap si jago merah.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang Kosrudin mengatakan, showroom tersebut tidak berpenghuni saat kejadian. Ia mengungkapkan diperkirakan penyebab kebakaran berawal dari konsleting listrik. “Biasanya tempat itu tutup sore. Kemudian lampu dibiarkan menyala hingga pagi. Dugaan kami arus listrik. Adapun kondisi tempat sedang kosong tidak ada penghuni,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres saat dikonfirmasi, Senin (26/8).

Diketahui, seorang guru yang hendak mengajar ke sekolah yang kali pertama mengubungi petugas pemadam kebakaran. Ketika, ia mengetahui ada kepulan asap hitam dari dalam showroom motor sekira pukul 05.00 WIB. “Seorang guru yang menelepon saya. Ia melaporkan ada kebakaran. Sekira 15 menit kita tiba di lokasi dari Pos Kepala Dua,” kata pria yang menjabat sebagai Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Tangerang.

Kata Kosrudin, dibutuhkan waktu satu jam untuk memadamkan si Jago Merah. Di mana, unit pemadam yang dikerahkan sebanyak empat mobil dari markas komando pusat yang berlokasi di Kecamatan Curug. Sedangkan, petugas pemadam yang dikerahkan sebanyak empat orang untuk satu unit mobil pemadam. “Kita juga kerahkan satu dari unit Kecamatan Kelapa Dua dan satu unit bantuan dari Pabrik LG. Untuk mobil tanki air yang kita kerahkan sebanyak satu unit. Total petugas dari 5 mobil itu sebanyak 20 orang,” lanjutnya.

Ia mengungkapkan, lokasi kebakaran hanya berjarak sekira tiga rumah dari stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Sehingga, dikhawatirkan api menjalar hingga Pom Bensin. Karenanya, petugas serta mobil yang dikerahkan cukup banyak. “Itu kawasan padat penduduk dan tidak telalu jauh dengan lokasi Pom Bensin. Saya khawatir menjalar ke Pom karena tidak jauh hanya berjarak empat rumah. Itu bisa-bisa menimbulkan dampak yang lebih luas,” ungkapnya.

Kosrudin menjelaskan, dari hasil pengumpulan keterangan di lapangan, sepeda motor yang berhasil diselamatkan sekira 8 unit. Sedangkan, sisanya sudah dilalap api yang makin membesar. Ia menyebutkan, kerugian sampai ratusan juta rupiah sebab sepeda motor yang hangus terbakar diperkirakan hingga puluhan. “Ada sekira 20 motor, baik yang baru dan motor bekas terbakar. Kalau, motor yang berada di bagian belakang motor bekas. Sedangkan yang dibariskan di depan showroom termasuk motor baru,” jelasnya.

“Sampai api sudah dipadamkan dan pasukan pemadam balik kanan, si pemilik belum ada. Warga dan petugas pemadam sudah menyelamatkan sebagian motor yang ada. Sedangkan sebagian lagi sudah tidak bisa diselamatkan. Laporannya sudah kita buat hanya saja pemilik showroom belum ke lokasi,” pungkasnya. (mg-10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here