Home BANTEN Menunggu Kreasi Pelukis Muda Asem Tarikolot

Menunggu Kreasi Pelukis Muda Asem Tarikolot

0
SHARE

PAMARAYAN – RW 002, Kampung Asem Tarikolot, Desa Binong, Kecamatan Pamarayan, merencanakan melukis jalan kampung dengan tokoh-tokoh kartun. Pelukisnya, pemuda-pemuda desa yang kreatif. Itu dilakukan untuk menghadapi Lomba Kampung Bersih dan Aman 2019.

Kepala Desa Binong Karwani mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan perangkat desa hingga pengurus RW dan RT. “Kalau melihat desa-desa lain memang bagus. Saya lihat di video group kepala desa. Tiap desa sudah bersiap,” ujarnya saat berbincang dengan Radar Banten, Senin (26/8).

Agar tidak ketinggalan dengan kampung lain, Karwani mengaku, telah merencanakan penataan jalan lingkungan di Asem Tarikolot. Salah satunya, dengan memberikan kebebasan kepada para pemuda untuk berkreasi.

“Paling lukisan seperti kartun di jalan-jalan. Pemuda nanti yang lukis. Selain itu, juga ada pemaparan lingkungan,” terangnya.

Penunjukan RW 002, Kampung Asem Tarikolot, sebagai peserta Lomba Kampung Bersih dan Aman tingkat Kabupaten Serang, menurut Karwani, selain sebagai pusat pemerintahan desa, juga karena perkampungan tersebut pernah mengikuti Program Kampung Keluarga Berencana.

“Kalau melihat desa-desa lain, tentu kami harus optimistis. Kan kampung ini pernah jadi kampung KB,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Karwani menjelaskan, sistem pengelolaan kebersihan dan keamanan lingkungan masih mengandalkan kesadaran warga Asem Tarikolot. Ia mengaku, dalam setiap kegiatan warga selalu dimanfaatkan untuk menyosialisasikan hidup bersih dan sehat, termasuk menjaga keamanan lingkungan.

“Kalau sampah, namanya di kampung, paling dibakar. Sebulan sekali, gotong royong membersihkan lingkungan,” kata Karwani.

“Ronda malam tetap berjalan. Kalaupun memang tidak terjadwal rapi, ke depan memang harus digalakkan. Kita terus koordinasi sama babinsa dan bhabinkamtibmas,” tambahnya.

Senada dikatakan Sekretaris Desa Binong Ali Musa. Ia mengakui, saat ini, pihaknya dalam tahap sosialisasi Kampung Bersih dan Aman kepada pengurus RT dan RW di Asem Tarikolot. Ia berharap, kegiatan itu dapat mendorong warga dalam menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan.

“Kami berharap masuk menjadi yang terbaik dalam perlombaan Kampung Bersih dan Aman,” pungkasnya. (fdr/don/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here