Home BANTEN Gerabah Bumijaya untuk Mempercantik Kampung

Gerabah Bumijaya untuk Mempercantik Kampung

0
SHARE

CIRUAS – Kampung Bumijaya, Desa Bumijaya, Kecamatan Ciruas, dikenal sebagai sentra kerajinan gerabah di Kabupaten Serang. Karenanya, hasil kerajinan warga kampung ini dimanfaatkan untuk mempercantik Bumijaya pada Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

Kepala Desa Bumijaya Anas Yusron mengatakan, pihaknya telah menunjuk lingkungan RT 01 RW 01, Kampung Bumijaya, mengikuti Kampung Bersih dan Aman. Konsep penghijauan dengan memanfaatkan gerabah Bumijaya sebagai media tanam sedang direalisasikan. Pot-pot gerabah Bumijaya dengan tanaman hias ditata di setiap rumah warga. Hal ini didukung pula dengan penempatan tempat pembuangan sampah, juga dari gerabah Bumijaya, agar lingkungan tetap bersih.

“Kampung Bumijaya, RT 01 RW 01, kami tunjuk untuk berkompetisi dalam Lomba Kampung Bersih dan Aman, meski penataan kebersihan belum kami lakukan, karena masih disibukkan dengan kegiatan Agustusan. Namun, kami sudah merencanakan untuk menyulap kampung menjadi bersih dan asri dengan menempatkan pot-pot tanaman di rumah warga,” kata Anas kepada Radar Banten, Kamis (29/8).

Dijelaskannya, keamanan lingkungan Bumijaya pun tidak luput dari perhatian. Warga rutin melaksanakan ronda malam. Warga juga selalu berkoordinasi dengan bhabinkamtibas dan babinsa Desa Bumijaya.

Untuk menjauhkan pemuda dan warga Bumijaya dari perbuatan negatif, seperti pemakaian narkoba dan tindak kejahatan lain, Anas menyatakan, pihaknya akan membantu pembuatan lapangan olahraga. Pemuda dan warga diharapkan melakukan kegiatan positif dengan memanfaatkan lapangan olahraga, setelah terbangun.

“Ke depan, kami juga akan membentuk kelompok sadar hukum dengan melibatkan babinsa dan bhabinkamtibmas untuk melakukan penyuluhan kepada warga agar terhindar dari aksi kriminalitas,” katanya.

Sementara, Ketua RT 01 RW 01, Kampung Bumijaya, Hasanudin menyatakan bahwa warganya mulai bergotong royong untuk menciptakan kampung yang bersih. Namun, kemenangan bukan menjadi target utama dalam Kampung Bersih dan Aman.

“Melalui momentum Kampung Bersih dan Aman, pihak desa ingin menerapkan budaya hidup bersih dan aman dan menjadikan Kampung Bumijaya sebagai lingkungan percontohan untuk kampung-kampung lain di Bumijaya dalam hal kebersihan dan keamanan,” ungkap Hasanudin. (jay/ang/don/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here