Home PENDIDIKAN SDN Surya Bahari Kecamatan Pakuhaji Juara Pramuka Kwaran Pakuhaji

SDN Surya Bahari Kecamatan Pakuhaji Juara Pramuka Kwaran Pakuhaji

0
SHARE
PERKEMAHAN: Anggota Pramuka SDN Surya Bahari, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang yang digelar Kwaran Pakuhaji, kemarin. FOTO: M Deden Budiman/Tangerang Ekspres

PAKUHAJI – Gugus depan (Gudep) SDN Surya Bahari, kembali menunjukan kemampuannya di bidang Pramuka. Sekolah yang pimpin Hj. Maemunah, meraih juara satu tarik tambang, juara satu estapet bendera, dan juara dua lomba catur pada perkemahan HUT Pramuka ke-58 yang digelar Kwartir Ranting (Kwaran) Pakuhaji, Kabupaten Tangerang.

Kak Gudep SDN Surya Bahari, Hj Maemunah, memberi keterangan terkait jurus kemenangan yang diraih anak didiknya. “Keunggulan regu kami pada meratanya kualitas mereka,” jelasnya.

Lebih lanjut wanita berkerudung ini menjelaskan komposisi regu Pramuka diisi oleh murid-murid yang unggul di berbagai bidang. Ada yang hebat di pioneering, ada yang jago di semaphore, sandi, dan lainnya. Kekuatan itulah yang membentuk regu tambah solid sehingga berhasil memenangkan beberapa perlombaan.

Keberhasilan  ini tentu saja tidak instan. Kegitan Pramuka merupakan ekstrakurikuler yang diikuti oleh seluruh siswa mulai dari kelas empat, lima dan enam SDN Surya Bahari. Khusus menghadapi perkemahan yang diselenggarakan Kwaran Pakuhaji, latihan intensif selama dua pekan seusai pulang sekolah.

“Dari 28 SD yang mengikuti perkemahan. Sekolah kami mampu meraih beberapa piala, tentunya ini menjadi kebanggan bagi kami,” tegas Hj. Maemunah.

Meski target juara berhasil digenggam, tapi segenap keluarga besar SDN Surya Bahari tetap menganggap bahwa piala bukanlah satu-satunya capaian terbaik. Lebih jauh dari sekedar piala adalah bagaimana kegiatan Pramuka mampu membentuk pribadi yang tangguh, mandiri, bekerja sama, dan bertakwa. “Inilah Pramuka sesungguhnya,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu anggota Pramuka SDN Surya Bahari Muhamad Padli, merasa bangga dengan torehan prestasi yang diraih timnya. Meski ia dan teman-temannya tidak dibebankan meraih piala, namun semua tim memiliki komitmen akan menampilkan kemampuan terbaik saat mengikuti lomba.

“Dukungan dari kepala sekolah membuat kami termotivasi untuk meraih juara. Terbukti, SDN Surya Bahari mampu meraih beberapa juara,” tegas Padli, dengan penuh semangat.

Namun ia berjanji, akan terus aktif mengikuti kegiatan Pramuka di sekolah. Mengingat Padli merasa belum puas ketika belum mampu menembus juara tingkat Kabupaten Tangerang. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here