Beranda OLAHRAGA The 2nd Indonesia International Weightlifting Championships, Atlet PJP Banten Borong Tiga Emas

The 2nd Indonesia International Weightlifting Championships, Atlet PJP Banten Borong Tiga Emas

0
BERBAGI
GRAFIK MENINGKAT: Rizky Juniansyah (kedua dari kanan) menunjukkan grafik prestasi meningkat setelah memastikan lolos PON XX/2020 di Papua. FOTO: JPG

SUKSES atlet angkat besi Banten Rizky Juniansyah lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 di Papua membuat lifter asal Kota Serang itu tambah semangat untuk berprestasi. Setidaknya raihan 3 medali emas pada kejuaraan The 2nd Indonesia International Weightlifting Championships 2019 jadi buktinya.

Pada kejuaraan yang berlangsung di GOR Tri Juang, Semarang, Jawa Tengah, Senin, (2/9) Rizky memboyong emas dari penampilannya di kelas 67 kg youth putra. Lifter berusia 16 tahun itu meraih medali emas dari angkatannya di snatch dengan angkatan 127 kg. Emas lain diraih di angkatan clean and jerk yang mencapai 159 kg.

Emas ketiga disabet Rizky dari total angkatan yang mencapai angkatan sebesar 286 kg. Catatan Rizki jauh di atas atlet asal Kalimantan Timur Ardi yang merebut medali perak dengan total angkatan 199 kg. Sementara itu, medali perunggu jatuh ke tangan Bayu Adi Prayoga yang mencatatkan total angkatan 190 kg.

Tak hanya menang jauh atas lawan-lawannya, Rizki juga tidak sekali pun gagal mengangkat beban di angkatan snatch. Dia berturut-turut sukses mengangkat beban 115 kg, 123 kg, dan 127 kg pada percobaan pertama, kedua, dan ketiga.

Menanggapi prestasi tersebut, Alberti Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Persatuan Angkat Besi, Angkat Berat dan Binaraga Seluruh Indonesia (Pengprov PABBSI) Banten mengatakan Rizky mengalami peningkatan prestasi setelah sukses lolos ke PON XX/2020 di Papua dengan meraih medali perunggu.

“Memang dia atlet bagus. Rizky juga tercatat sebagai atlet PJP (Pelatda Jangka Panjang) Banten. Karena itu dia juga dipastikan mewakili Banten di PON karena berhasil meraih Perunggu di Pra PON,” ujarnya .

Kejuaraan tersebut juga dipakai Pengurus Besar (PB) PABBSI sebagai ajang pemantauan atlet untuk tampil pada ajang internasional. Oleh karena itu hasil yang dicapai Rizky membuatnya diproyeksikan mewakili Indonesia pada ajang internasional tingkat Asia, November mendatang.

“Kejuaraan tersebut bersifat open, ada atlet dari luar negeri juga yang ikut bertanding seperti, Malaysia, Singapura dan Thailand. Saya dapat info kalau Rizky ini akan mewakili Indonesia di kejuaraan nanti. Tapi dia masih dipantau terus perkembangannya, oleh PB PABBSI,” tukas Alberti. (apw/jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here