Home BANTEN Kebersihan Rumah dan Pengelolaan Sampah Jadi Perhatian

Kebersihan Rumah dan Pengelolaan Sampah Jadi Perhatian

0
SHARE

PABUARAN – Kebersihan lingkungan rumah warga dan pengelolaan sampah di RW 001, Kampung Nangkabongkok, Desa Pabuaran, Kecamatan Pabuaran, menjadi titik fokus penataan lingkungan perkampungan itu. Rencana kegiatan warga itu sesuai arahan Pemerintah Desa Pabuaran.

Ketua RW 001, Kampung Nangkabongkok, Mad Supi mengakui hal itu. Saat ini, pihaknya baru menyosialisasikan arahan Pemerintah Desa Pabuaran itu kepada pengurus RT di RW-nya serta kepada warga. Termasuk, menyampaikan kabar tentang keikutsertaan Nangkabongkok pada Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

“Informasinya sudah dapat, tinggal menunggu persiapan pelaksanaan,” ujar Mad Supi saat berbincang dengan Radar Banten, Selasa (3/9).

Kampung yang sebagian besar warganya berpenghasilan dari bidang pertanian itu, disebutkan Mad Supi, akan memfokuskan pada kebersihan lingkungan setiap rumah warga, termasuk selokannya. “Paling kami membersihkan halaman warga. Ada sebagian saluran air yang harus dibersihkan. Untuk sampah, sebagian besar warga membayar iuran untuk membuang sampah. Ada petugas yang memungut,” terangnya.

Keamanan Nangkabongkok juga tak luput dari perhatian. Pengurus RW dan RT di kampung itu mendorong warganya untuk meningkatkan jadwal ronda malam.

“Untuk keamanan, alhamdulillah berjalan lancar. Di sini (Nangkabongkok-red) aman. Sistemnya (ronda malam-red) digilir. Tiap warga bergantian bertugas,” sambung Mad Supi.

Lebih lanjut, ia berharap, perlombaan Kampung Bersih dan Aman dapat  meningkatkan kepedulian warga Nangkabongkok terhadap kebersihan dan keamanan lingkungan. Terlebih, kampungnya bisa menjadi yang terbaik pada perlombaan tingkat Kabupaten Serang itu.

“Mudah-mudahan kita (Nangkabongkok-red) dapat juara. Kuncinya, warga harus kompak,” harap Mad Supi.

Staf Pemerintah Desa Pabuaran Edi Junaedi mengungkapkan hal senada. Ia mengaku, pihaknya sudah menyosialisasikan perlombaan yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten, serta bekerja sama dengan Korem 064/Maulana Yusuf Serang itu. Pemilihan Nangkabongkok mewakili Desa Pabuaran, kata Edi, karena warganya masih kompak menggalakkan gotong royong.

“Di sini masih aktif gotong royongnya. Tentu, kita berharap bisa jadi contoh bagi kampung yang lain,” tuturnya.

Edi mengakui, target Pemerintah Desa Pabuaran dalam perlombaan tersebut adalah fokus pada kebersihan dan keamanan lingkungan. Menurutnya, tingkat kebersihan dan keamanan di Nangkabongkok termasuk yang terbaik di Desa Pabuaran. “Harapannya tentu juara. Tapi, kita lihat saja nanti,” pungkasnya. (fdr/don/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here