Home BANTEN Kekompakan Warga Babakan Terlahir dari Kecintaan pada Kesenian

Kekompakan Warga Babakan Terlahir dari Kecintaan pada Kesenian

0
SHARE

JAWILAN – Warga Kampung Babakan, Desa Jawilan, Kecamatan Jawilan, disebutkan aktif terlibat dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan. Kekompakan mereka terlahir dari kreativitas dan kecintaannya pada seni dan budaya lokal.

Hubungan antarwarga Babakan itu menjadi salah satu pertimbangan Pemerintah Desa Jawilan menunjuk RW 02, Kampung Babakan, mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Warga Babakan kompak karena mayoritas aktif dalam kesenian pencak silat, debus, dan dagelan yang disebut warga setempat dengan kesenian topeng.

“Kreativitas kesenian tersebut menjadikan warga di Kampung Babakan kompak. Kekompakan warga menjadi alasan pihak Desa Jawilan mengusulkan Kampung Babakan ikut berkompetisi dalam Lomba Kampung Bersih dan Aman,” jelas Jakaria, Sekretaris Desa Babakan, kepada Radar Banten, Jumat (6/9).

Menurutnya, hal itu bisa menjadi modal Babakan dalam lomba yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten tersebut. Sumber daya manusia perkampungan di ujung timur Kabupaten Serang itu bisa diandalkan untuk menciptakan kampung yang indah, bersih, dan aman.

“Ada beberapa program yang akan dilakukan untuk menjadikan Kampung Babakan bersih dan siap berkompetisi dengan kampung-kampung lain di Kabupaten Serang,” tegas Jakaria.

Kegiatan gotong royong yang diagendakan, antara lain membersihkan saluran drainase, menyapu halaman rumah warga dan lingkungan kampung. Kegiatan itu rutin satu pekan sekali.

Pemerintah Desa Jawilan, lanjut Jakaria, juga akan membangun bak sampah di tiap dua atau tiga rumah. Nantinya, ada dua bak sampah untuk sampah organik dan nonorganik. Sehingga, diharapkan warga bisa memanfaatkan hasil pemilahan sampah tersebut menjadi barang bernilai ekonomi.

Keamanan lingkungan juga tak luput menjadi perhatian Pemerintah Desa Jawilan. Kata Jakaria, warga Babakan menghidupkan kembali siskamling dengan membuat jadwal ronda yang melibatkan warga dan pemuda Karang Taruna. Upaya pengamanan lingkungan Babakan itu didukung oleh bhabinkamtibmas dan babinsa Kecamatan Jawilan.

“Di Desa Jawilan sudah ada program diskusi untuk keamanan antara warga dan petugas penegak hukum melalui kegiatan 60 menit bersama polisi,” ungkap Jakaria.

Ketua Karang Taruna Kampung Babakan Aang Goler mengatakan, penunjukan kampungnya mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman disambut baik oleh warga Babakan, terutama pemudanya. “Warga sangat antusias. Muncul semangat warga untuk menjadikan kampung bersih dan aman,” katanya.

“Kami ingin kampung kami bisa menjadi contoh bagi kampung-kampung lain di Desa Jawilan dan Kabupaten Serang,” ungkapnya. (jay/ang/don/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here