Home BANTEN Lingkungan Komplek Didorong Jadi Kampung Mandiri

Lingkungan Komplek Didorong Jadi Kampung Mandiri

0
SHARE

CARENANG – Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019 menjadi momen penting bagi Pemerintah Desa Mandaya, Kecamatan Carenang. Kampung Komplek bakal dijadikan kampung mandiri.

Pemerintah Desa Mandaya memilih RT 02 RW 02, Kampung Komplek, mengikuti perlombaan yang bertujuan menciptakan kampung indah, bersih, dan aman tersebut. Beberapa pertimbangan diambil pemerintah desa agar Kampung Komplek menjuarai lomba yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten itu.

“Sebagian besar atau 90 persen warganya (Kampung Komplek-red) berprofesi sebagai tenaga pendidik, baik yang masih aktif dan pensiunan, termasuk pegawai yang bekerja di kantor-kantor pemerintahan,” kata Kepala Urusan (Kaur) Keuangan Desa Mandaya Cecep Suanda soal salah satu pertimbangan Pemerintah Desa Mandaya memilih Kampung Komplek, Senin (9/9).

Profesi mayoritas penduduk Kampung Komplek itu, menurut Cecep, menjadi modal untuk berkompetisi dengan 325 kampung lain di Kabupaten Serang. “Lingkungan rumah warganya rapi dan bersih. Rencananya, sejumlah konsep dan program kebersihan serta keamanan akan kita lakukan (untuk menata Kampung Komplek-red),” ujar Cecep.

Ia mengaku, Pemerintah Desa Mandaya bersama pengurus lingkungan di Kampung Komplek berencana mendorong warga untuk menata dan membersihkan rumah masing-masing. Kegiatan itu ditopang pula dengan gotong royong, minimal satu bulan sekali.

Penghijauan juga menjadi rencana penataan lingkungan Kampung Komplek. Halaman rumah warga akan ditanami minimal dua pohon buah-buahan. “Kita juga akan menanam tanaman sayur dan tanaman lain dalam bentuk polybag di halaman rumah warga yang sudah tertata rapi,” tambah Cecep.

Misi Pemerintah Desa Mandaya, ungkap Cecep, adalah dengan menjadikan Kampung Komplek sebagai kampung yang mandiri dalam semua hal. Antara lain, dalam mengelola hasil bumi serta kebersihan dan keamanan lingkungan.

“Tidak hanya kebersihan yang menjadikan Kampung Komplek sebagai kampung dan desa yang mandiri. Keamanan juga akan digalakkan di kampung ini, di antaranya ronda setiap satu minggu sekali,” kata Cecep.

Program lain yang sudah berjalan untuk mengamankan lingkungan Kampung Komplek, lanjut Cecep, dengan penyuluhan pencegahan kejahatan kekerasan dalam rumah tangga, bahaya narkoba, dan aksi pencurian. “Penyuluhan dilakukan perangkat desa, kecamatan, hingga babinsa dan bhabinkambtibmas kepada warga melalui pengurus RT dan RW,” jelasnya.

Sohib, warga Kampung Komplek, mengaku, penunjukan kampungnya untuk mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman ditanggapi positif oleh warga. “Kami bersyukur, kampung kami ditunjuk untuk maju dalam Lomba Kampung Bersih dan Aman mewakili Desa Mandaya. Warga akan terus menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan,” tandasnya. (jay/ang/don/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here