Home TANGERANG HUB Sosialisasikan Pilkades, Panitia Pasang Baliho

Sosialisasikan Pilkades, Panitia Pasang Baliho

985
0
SHARE

MAUK – Tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades) sudah memasuki tahapan sosialisasi pendaftaran bakal calon (balon). Hal tersebut seperti yang terlihat di Desa Tegal Kunir Lor, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, panitia Pilkades sudah mulai memasang baliho berisi informasi tahapan Pilkades serentak 2019. Hal tersebut adalah salah satu upaya mewujudkan keterbukaan publik dalam ajang enam tahunan ini.

Kamsari, ketua panitia Pilkades Tegal Kunir Lor mengatakan, dalam baliho tertulis informasi penting untuk masyarakat, diantaranya jadwal pendaftaran calon kepala desa (balon kades), penetapan nama calon kepala desa, pengumuman daftar pemilih tetap (DPT) dan jadwal pemungutan suara.

“Informasi-informasi tersebut kami anggap penting bagi balon kades, pendukung kades dan masyarakat. Sementara ini, baliho terpasang pada sekretariat kami di Kantor Kepala Desa Tegal Kunir Lor. Nanti, kami tambahkan pasang di tiap kejaroan,” kata Kamsari, kepada Tangerang Ekspres, Senin (9/9).

Kamsari juga menginginkan masyarakat mempercayai tujuh orang panitia akan bertugas dengan menjunjung netralitas dalam menyelenggarakan Pilkades Tegal Kunir Lor. “Walaupun, panitia punya hak pilih, kami akan menjunjung tinggi netralitras, agar terwujud Pilkades yang aman damai dan berdaulat,” ucapnya.

Kamsari menambahkan, panitia Pilkades bersama Penjabat (Pj) Kepala Desa, Badan Permusyawaratan, personil kepolisian, personil TNI, tokoh masyarakat dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), akan mengunjungi kediaman dua balon kades Tegal Kunir Lor.

“Tujuannya, untuk menjalin silaturahmi, dan mengeratkan ikatan batin agar sama-sama berniat mewujudkan Pilkades Tegal Kunir Lor yang aman kondusif dan berdaulat,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Nina Herlina, kepala seksi (Kasi) Pemerintahan pada Pemerintah Kecamatan Mauk, mengatakan ada empat desa yang menyelenggarakan Pilkades serentak 2019 di Mauk, yakni Desa Tegal Kunir Lor, Desa Sasak, Desa Gunung Sari dan Desa Banyu Asih.

“Dari empat desa itu, ada empat belas balon kades. Itu berdasarkan catatan kami saat proses medical check up (MCU) di RSUD Pakuhaji. Sebab, nanti surat hasil kesehatan dari MCU digunakan sebagai bagian dari syarat pencalonan Pilkades,” jelasnya.

Perempuan yang juga sebagai Penjabat (Pj) Kepala Desa Tegal Kunir Lor ini mengapresiasi bagi panitia yang sudah memasang baliho bertuliskan informasi tahapan Pilkades serentak 2019. menurutnya, hal itu sebagai salah satu wujud keterbukaan informasi kepada masyarakat.

“Semoga yang lain segera menyusul berinisiatif memasang baliho informasi tahapan Pilkades serentak 2019,” harapannya. (zky/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here