Home PENDIDIKAN SDIT Alfath Sadarussalam Kecamatan Balaraja, Tumbuhkan Kepedulian, Santuni Yatim

SDIT Alfath Sadarussalam Kecamatan Balaraja, Tumbuhkan Kepedulian, Santuni Yatim

0
SHARE
BAGIKAN SANTUNAN: Ketua Yayasan SDIT Alfalah Sadarussalam, Kecamatan Balaraja H Nahaman (peci hitam), membagikan santunan kepada 93 anak yatim piatu, Selasa (10/9). FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

BALARAJA – Bulan Muharram merupakan bulan penuh berkah. Untuk menyemarakkan kegiatan tahunan ini, SDIT Alfath Sadarussalam, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang diisi dengan kegiatan pemberian santunan pada yatim dan piatu.

Kepala SDIT Alfath Sadarussalam, Dewi Kusumawati mengatakan, bahwa pemberian santunan kepada anak yatim tersebut sebagai bagian dari perhatian dan kepedulian sosial yang sudah menjadi tradisi atau budaya di sekolah. Yakni, saling bantu membantu terhadap sesama yang membutuhkan. “Ini adalah program tahunan yang kami laksanakan setiap Muharram. Kami wujudkan dalam bentuk berbagi rizki berupa santunan,” katanya.

Dewi menuturkan, santunan di bulan Muharram ini menjadi agenda rutin dalam rangka membantu anak anak yatim. “Anak anak jangan minder atau rendah diri. Kita sikapi hidup ini dengan penuh makna sehingga dapat menggapai cita-cita,” ujarnya.

Kata Dewi, jenis santuan berupa uang tunai, bingkisan alat perlengkapan sekolah, paket makanan berat, dan paket snack untuk anak-anak. “Mudah-mudahan apa yang kita berikan dapat bermanfaat bagi anak yatim dan piatu,” tegas Dewi.

Sementara itu, Ketua Yayasan SDIT Alfath Sadarussalam, H Nahaman menuturkan, satu di antara tujuan kegiatan ini adalah untuk membahagiakan anak-anak yatim dengan memberikan hal yang istimewa dan merekatkan hubungan, sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang menyebut, kedekatan orang-orang yang mengasuh anak yatim dengan Rasullulah itu diibaratkan, seperti kedekatan jari telunjuk dan jari tengah kelak di akhirat nanti.

H Nahaman berpesan kepada seluruh siswa SDIT Alfath Sadarussalam, agar pada bulan Muharram yang disebut “Lebaran Yatim” ini, harus dijadikan momentum untuk saling mengasihi dan menyayangi, apalagi memberikan santunan terhadap anak yatim.

“Rasa sosial yang ditanamkan sejak dini, agar siswa didik SDIT Alfath Sadarussalam, apabila sudah lulus sekolah, agar mampu berperan aktif terhadap masyarakat dan menanamkan jiwa sosial,” pungkasnya.

Sedikitnya SDIT Alfath Sadarussalam memberikan 93 bingkisan dan uang kepada anak yatim baik dari TK maupun SD terdekat yang sudah tidak memiliki orangtua. Bahkan tujuh orang yang tercatat anak yatim di SDIT Alfath Sadarussalam ikut diberikan bingkisan. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here