Home BANTEN Pemanfaatan Ban Bekas di Balekambang

Pemanfaatan Ban Bekas di Balekambang

0
SHARE

CIOMAS – Pemanfaatan barang bekas dan tidak bermanfaat menjadi barang bermanfaat dilakukan beberapa desa dan kampung. Tak terkecuali di Kampung Balekambang, Desa Sukadana, Kecamatan Ciomas. Ban bekas diubah menjadi pot tanaman warna-warni.

Kepala Desa Sukadana Muheli mengatakan, pot tanaman dari ban bekas itu diaplikasikan di lingkungan RT 4 RW 2, Kampung Balekambang. Pot-pot itu ditempatkan di halaman rumah warga. Tidak hanya untuk menanam tanaman hias, tetapi juga tanaman obat dan sayur.

Balekambang ditunjuk Pemerintah Desa Sukadana untuk berkompetisi dengan kampung lain di Kabupaten Serang dalam Lomba Kampung Bersih dan Aman 2019. Dijelaskan Muheli, Balekambang diunggulkan ikut perlombaan dengan total hadiah total Rp900 juta karena warganya kompak bergotong royong. Karakter warga itu menjadikan Desa Sukadana pernah mendapat penghargaan.

“Karena itu, kami menunjuk Kampung Balekambang dilombakan karena mengunggulkan kekompakan warganya untuk bergotong royong,” tegas Muheli kepada Radar Banten, Kamis (12/9).

Pemilihan Balekambang juga karena didukung oleh faktor alamnya. Kampung di Desa Sukadana itu memiliki sumber air dari Kali Cibanten. Lingkungannya asri.

“Mayoritas rumah-rumah warga di Balekambang memiliki kolam ikan yang airnya langsung dari Kali Cibanten,” ujar Muheli.

Ia menerangkan, ada beberapa konsep yang dilakukan warganya untuk menyulap lingkungan RW 2, Kampung Balekambang, menjadi bersih dan aman. Warga bergotong royong dua kali dalam sepekan untuk membersihkan lingkungan mereka. Setiap rumah warganya juga dilengkapi dengan tempat sampah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here