Home TANGERANG HUB Perubahan APBD Tunggu Evaluasi Provinsi

Perubahan APBD Tunggu Evaluasi Provinsi

0
SHARE
Warman Syanuddin, Kepala BPKAD.

CIPUTAT-Saat ini Pemkot Tangsel masih menunggu proses evaluasi perubahan APBD 2019 di Provinsi Banten. Dimana saat ini perubahan APBD 2019 Kota Tangsel untuk belanja modal awalnya Rp 1,119 triliun menjadi Rp 1,288 triliun atau bertambah Rp 89,2 Miliar atau bertambah 7,44 persen.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Tangsel Warman Syanuddin mengatakan, perubahan APBD mengalami kenaikan karena ada penambahan dari pendapatan daerah. Sehingga untuk belanja modal ada penambahan pada APBD perubahan ini.

“Pendapatan daerah ini dari pajak dan retribusi-retribusi,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Selasa (17/9).

Warman menambahkan, belanja modal bertambah karena dalam belanja modal ada usalan dari organisasi perangkat daerah (OPD) yang nantinya jadi barang milik daerah. Di dalamnya ada belanja modal infrastruktur yang bukan hanya bangunan tapi, juga jaringan dan lainnya. Termasuk di Dinas Pendidikan yang terkait dengan bangunan-bangunan sekolah.

Selain itu, ada juga OPD yang mengusulkan pembelian kendaraan operasional yang juga sama masuk dalam belanja modal. “Dari total keseluruhan ada belanja pegawai berkurang dan yang naik belanja modal,” tambahnya.

Masih menurutnya, belanja yang besar adalah infrastruktur, pedidikan dalam pembangunan sekolah-sekolah. Saat ini proses Perubahan APBD 2019 masih di evaluasi Provinsi Banten dan nantinya untuk diperbaiki oleh tim TAPD Kota Tangsel bersama OPD-OPD.

Selanjutnya rekapan rancangan Perda perubahan APBD tersebut akan disampaikan ke DPRD Kota Tangsel untuk dibahas bersama. Setelah dibahas lalu ditetapkan jadi Perda untuk dicetak dan dilaksanakan. Setelah dibahas selanjutnya ditetapkan sebagai Perda dan menjadi dokumen pelaksanaan APBD.

“Target kita paling lambat awal Oktober sudah bisa dilaksanakan. Jumlah belanja daerah Kota Tangsel Rp3,7 triliun menjadi Rp 3,8 triliun,” tutupnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here